Bullying di Sekolah, Guru Harus Mampu Mengatasi - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Jumat, 01 September 2023

Bullying di Sekolah, Guru Harus Mampu Mengatasi


ANETRY.NET
– Apa itu bullying? Bullying atau yang dulu kita kenal dengan istilah perundungan, adalah suatu tindakan agresif yang dilakukan secara berulang oleh satu individu/kelompok pada individu tertentu.

 

Bullying, bisa terjadi pada anak-anak maupun orang dewasa. Biasanya orang yang menjadi korban bullying adalah mereka yang dinilai lebih lemah dan paling berbeda dari yang lainnya.

 

Isu tentang bullying kerap kali ditemukan di berbagai lingkungan, termasuk lingkungan sekolah. Tidak hanya terjadi di jenjang SMP dan SMA saja, bullying juga sampai di jenjang sekolah dasar.

 

Sebagai seorang guru yang mengajar di sekolah dasar, penulis menemukan kasus bullying ini terjadi di sekolah. Tindakan bullying di sekolah yang penulis temukan, ada yang menyerang korban secara non-fisik maupun fisik.

 

Pelaku bullying melakukan kekerasan non fisik pada korban biasanya seperti, mengejek dan menghina bentuk fisik teman; memanggil teman dengan sebutan yang tidak baik; mengolok-ngolok pekerjaan orang tua teman; bahkan mengejek keadaan ekonomi temannya. Adapun kasus bullying berupa kekerasan fisik yang terjadi seperti memukul, menampar, ataupun menendang.  

 

Bullying ini bukanlah masalah sepele yang bisa dikesampingkan. Kasus bullying di sekolah harus mendapatkan perhatian khusus. Mengingat dampak yang ditimbulkan akibat bullying bagi si korban. Dampak jangka pendek yang dialami korban biasanya seperti syok, kecemasan dan ketakutan. Sedangkan dampak jangka panjangnya adalah, anak bisa salah dalam menilai diri sendiri, mejadi pribadi yang menutup diri dengan lingkungan, menurunkan prestasi akademik, bahkan menyebabkan depresi berat hingga akhirnya bunuh diri.

 

Selain itu kasus bullying perlu ditangani dengan serius, karena jika dibiarkan pelaku akan semakin semena-mena dan tindakan bullying yang dilakukan akan semakin besar. Mengingat mereka yang menjadi pelaku bullying adalah mereka yang menganngap dirinya paling hebat dan paling berani serta di takuti oleh teman-temannya. Sebagai seorang pendidik mampukah memberantas kasus-kasus bullying yang terjadi di sekolah?

Penulis: Rekha Mellya Roza, S.Pd ( UPT SD Negeri 24 III Koto)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad