Pentingnya Guru Memahami Karakter Peserta Didik - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Sabtu, 26 Agustus 2023

Pentingnya Guru Memahami Karakter Peserta Didik


ANETRY.NET
Pertama menjalani profesi sebagai, yang menjadi kesempatan sekaligus tantangan, yaitu berkontribusi mendukung perkembangan siswa.

 

Saat pertama kali melakukan profesi, penulis merasa kebingungan dan gugup, karena pertama awal mulai melakukan pekerjaan. Penulis harus bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat bekerja saat ini, UPT SDN 25 Simawang.

 

Awalnya, penulis hanya kenal dengan seorang guru yang bernama Azanni, lalu penulis oun mulai berkenalan dengan guru-guru lainnya. Lama kelamaan, mulai mengenal guru-guru yang ada di UPT SDN 25 Simawang. Dan sebagai penganti guru yang akan pensiun saat itu yakni Ermayeni, yang mengajar dikelas 3.

 

Saat masuk kelas, penulis merasakan bagaimana beradaptasi dengan siswa-siswa yang ada di kelas, karena sebelumnya hanya memiliki pengalaman mengajar di waktu praktik lapangan. Setelah mulai mengajar, penulis akhirnya mengetahui, siswa-siswa memiliki karakter yang berbeda-beda. Sebagai guru, mengetahui karakter anak merupakan hal yang paling penting.

 

Pada Kamus Besar Bahasa Indonesia Poerwadarminta (Elmubarok, 2008:102), karakter diartikan sebagai tabiat, sifat-sifat kejiwaan, watak, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dengan yang lain. Selain itu juga merupakan sifat nyata yang ditunjukkan berbeda antara individu satu dengan individu lainnya, dalam sejumlah atribut yang dapat diamati (Gulo,1982:29).

 

Berakar dari pengertian tersebut, karakter kemudian diartikan sebagai tanda atau ciri yang khusus, dan karenanya melahirkan suatu pandangan bahwa karakter adalah pola perilaku yang bersifat individual, keadaan moral seseorang. Sedangkan secara istilah, karakter diartikan sebagai sifat manusia pada umumnya, di mana manusia mempunyai banyak sifat yang tergantung dari faktor kehidupannya sendiri.

 

Karakter siswa di kelas 3 tidak sama, ada anak yang memiliki pemahaman yang cepat dan ada yang lambat, ada anak yang suka dengan pembelajaran matematika dan ada anak yang menyukai pembelajaran lainnya. Dari perbedaan karakter yang dimiliki siswa, sebagai guru sangat ingin mencari metode pembelajaran yang sesuai. Hal itu ditujukan agar siswa dapat memahami pembelajaran. Sebagai guru tidak boleh menganggap anak bodoh atau sejenisnya. Karena setiap anak pasti mempunyai kelebihannya.

 

Bukan hanya itu, penulis juga memahami bahwa kondisi siswa saat itu ada yang suka diperhatikan, siswa yang suka berjalan-jalan saat belajar, siswa yang suka menganggu temannya dan siswa yang berkelahi. Namun, dengan karakter yang berbeda-beda ini, penulis berpikir harus mendekatkan anak-anak dan mengetahui karakter masing-masing anak. Penulis mulai bertanya ke anak itu kenapa dia demikian, awalnya sedikit tertutup, akhirnya jadi terbuka. Penulis akhirnya memahami. Setelah itu dilakukan pemberian nasehat. Lama-kelamaan anak tersebut akan sadar dan berubah lebih baik.

 

Selanjutnya ada masalah lain, persoalan pergantian tempat duduk, ada anak yang protes. Siswa tidak mau duduk dengan ini dan itu, lalu penulis bertanya kenapa tidak mau? Lalu siswa bersangkutan menjawab, temannya selalu mengganggu. Penulis pun menyampaikan, di kelas, seluruh siswa tidak boleh berperilaku tidak baik. Penulis memberikan pemahaman, Allah tidak menyukai MakhlukNyya yang memiliki perilaku tidak baik. Dan semua manusia, termasuk siswa di kelas sama semuanya, semua adalah makhluk ciptaan Allah. Melalui pendekatan dan pemahaman yang diberikan, alhamdulilah mereka bisa mengerti dan memahaminya.

 

Mencermati banyak karakter yang ditemui selama dalam proses pembelajaran, penulis  berpikir bahwa guru harus bisa memahami dan selalu mencari hal-hal yang terbaik untuk mengerjakan pekerjaannya. Menjadi guru tidaklah mudah karena membutuhkan berbagai proses serta kompetensi.

Penulis: Tesha Yuliantari, S.Pd (UPT SDN 25 Simawang, Kec. Rambatan, Kab. Tanah Datar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad