Metode, Teknik, dan Pendekatan dalam Pengajaran PAIBP di Sekolah Dasar - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Kamis, 31 Agustus 2023

Metode, Teknik, dan Pendekatan dalam Pengajaran PAIBP di Sekolah Dasar


ANETRY.NET
– Sebagai seorang guru Pendidikan Agama Islam, tentulah mempunyai tugas sangat berat yang mungkin berbeda dengan guru  bidang studi lainnya, karena pertanggungjawaban seorang guru agama adalah dunia dan akhirat. Jika terdapat kesalahan dalam cara mengajar,  tidak hanya tenaga dan waktu saja yang terbuang sia-sia, tetapi  lebih dari itu yakni akan dapat merusak jiwa  para peserta didik yang seharusnya berkembang dengan baik.

 

Proses mengajar, bukanlah laksana proses memulai suatu reaksi  kimia, akan tetapi labih dari itu. hati seorang guru  harus masuk kedalam jiwa kepautan dengan nilai-nilai luhur kemanusiaan. Seorang guru hendaklah dapat menempatkan diri sebagai pemimpin yang baik. Seorang guru  harus bisa memberikan teladan dan kasih sayang terhadap para siswanya.

 

Usaha guru tidak akan berhasil bila ia mengajarkan  pelajaran yang tidak disenanginya.     Guru tidak akan berhasil meyakinkan anak didiknya dengan keyakinan yang diragukan kebenarannya, seperti itu pula para  peserta didik, mereka tidak akan senang dan yakin kepada gurunya bila guru tidak sayang kepadanya.

 

Sekarang ini manusuia sudah berada di zaman yang penuh dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, seharusnya guru harus  mempunyai jiwa yang selalu ingin meningkatkan  inovasi-inovasi untuk mencapai prestasi, supaya para siswanya mencapai hasil belajar yang maksimal. Guru sebagai faktor utama keberhasilan dalam pembelajaran agamaI, dituntut kemampuannya  untuk dapat menyampaikan bahan ajar kepada para peserta didik dengan  metode, teknik dan pendekatan yang digunakan  oleh para guru dalam membengkitkan minat dan sikap positif  peserta didik dalam pembelajaran agama islam harus dirancang  sedemikian rupa sehingga siswa dapat termotivasi  untuk belajar.

 

Berkaitan dengan ini ada baiknya kita ulas sedikit tentang metode , teknik dan pendekatan  mana yang digunakan guru  Sekolah Dasar dalam mengajarkan  Pendidikan Agama Islam  dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan kondisi yang dinamis, kreatif dan relevan dengan kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan tujuan pembelajaran PAI.

 

Pada praktiknya, pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti ditujukan untuk 1) Memberikan bimbingan kepada peserta didik agar mantap spiritual, berakhlak mulia, selalul menjadikan kasih sayang dan sikap toleran sebagai landasan dalam hidupnya. 2) Membentuk peserta didik agar menjadi pribadi yang memahami dengan baik prinsip-prinsip agama islam terkait dengan akhlak mulia, akidah yang benar (akidah sahibah berdasarkan paham ahlus sunnah waljama’ah, syariat dan perkembangan sejarah peradaban islam, serta  menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari baik dalam hubungannya dengan sang Pencipta, diri sendiri, sesama warga negara,sesama manusia, amupun lingkungan alamnya dalam wadah Negara Kesatuan  Republik Indonesia. 3) Membimbing peserta didik agar mampu menerapkan prinsip-prinsip islam dalam berfikir sehingga benar, tepat, dan arif dalam meyimpulkan sesuatu dan megambil keputusan. 4) Mengkonstruksi kemampuan nalar kritis peserta didik dalam menganalisa perbedaan pendapat sehingga perperilaku moderat (wasatiyyah) dan terhindar  dari radikalisme ataupun liberalisme. 5) Membimbing peserta didik agar menyayangi lingkungan alam sekitarnya dan menumbuhkan rasa tanggung jawab sebagai khalifah Allah di bumi. Dengan demikian dia aktif   dalam mewujudkan upaya-upaya melestarikan dan merawat lingkungan sekitarnya: dan 6) Membentuk peserta didik menjunjung tinggi nilai persatuan sehingga dengan demikian  dapat menguatkan persaudaraan kemanusiaan (ukhuwwah basyariyyah), persaudaraan  seagama  (ukhuwwah islamiyyah) , dan juga persaudaraan sebangsa dan senegara (ukhuwwah wataniyyah ) dengan segenap kebinnekaan agama , suku dan budayanya.

 

Pendidikan Agama Islam  dan Budi Pekerti mencakup elemen keilmuan yang meliputi 1) Al-Quran Hadist, 2)  Akidah, 3)  Akhlak, 4) Fikih, dan 5) Sejarah Peradaban Islam. Untuk mencapai tujuan pembelajaran PAIBP yang   telah dirumuskan, maka tentu guru harus  memakai metode, teknik, dan pendekatan pembelajaran yang sesuai. Keberhasilan peserta didik dalam belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti sanagt tergantung kepada intruksi guru dalam proses belajar danmengajar.

 

Berbagai macam metode dapat digunakan guru dalam proses pembelajaran. Metode yang diterapkan sangat tergantng kepada krmampuan guru, sifat materi yang akan diajarkan serta sarana yang  tersedia. Beberapa metode yang dipandang cocok dalam pembelajaran PAIBP diantaranya: Metode Ceramah, Metode Drill, Metode Example  Non  Example, Metode pembelajaran Direct Instruction, Metode Pembelajaran Group Investigation, Metode Pembelajaran Jigsaw, Metode Pembelajaran Make A Match, dan metode lainnya.

 

Daftar Bacaan

1.         Drs Mansur dkk, Metodologi Pendidikan Agama: CV Forum 1982

2.         Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Riset Dan teknologi Nomor 033/H/KH/2022 Tentang Perubahan atas Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Riset Dan teknologi Nomor 008/H/KR/2022 Tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Usia Dini, jenjang Pendidikan  Dasar, Dan jenjang Pendidikan Menengah Pada kurikulum Merdeka.

3.         Dr. H. Moch. Agus Kisno Budiyanto, M.Kes. Sintaks 45 Motode Pembelajaran Dalam Student Centered Learning (SCL), 2016

Penulis: Kasmawati, S.Ag (Guru PAIBP  UPT SD Negeri 05 Rambatan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad