Menumbuhkan Minat Anak terhadap Mapel Matematika - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Sabtu, 26 Agustus 2023

Menumbuhkan Minat Anak terhadap Mapel Matematika


ANETRY.NET
– Matematika adalah mata pelajaran yang mengajarkan sebuah perhitungan, logika dan lain-lain.

 

Tetapi, Matematika ini menjadi sebuah mata pelajaran yang paling tidak disukai oleh siswa. Mengapa ini terjadi? Realitanya yang terjadi di kelas VI SDN 20 Simawang, siswanya sangat malas dalam mengikuti mata pelajaran ini.

 

Melihat data dari nilai yang diperoleh siswa sangat rendah dalam mata pelajaran ini. Realita ini menjadi masalah utama yang harus diselesaikan.

 

Masalah ini terjadi dikarenakan minat siswa dalam Matematika sangat kurang. Menurut siswa, Matematika adalah mata pelajaran yang membuat mereka berpikir secara keras, sehingga menganggap  Matematika susah dikerjakan.

 

Menurut jurnal penelitian yang dibuat oleh Noor Fazariah Handyaani berjudul Faktor Penyebab Anak Kesulitan dalam Matematika, ada beberapa faktor internal dan eksternal siswa kesulitan dalam Matematika.

 

Pertama, tidak ada kemauannya dalam mempelajari Matematika, tidak ada minat dalam mempelajari matematika. Kedua, tidak senang terhadap guru yang ngajar tentang Matematika. Ketiga, sarana dan kreatifitas dalam mengajar kurang dalam mengajarkan Matematika.

 

Melihat dari faktor tersebut, hal-hal di atas yang membuat Matematika ini menjadi mapel yang dihindari oleh siswa. Dan rata-rata, hal itu berkaitan dengan kemampuan guru dalam membelajarkan siswa.

 

Realita atau masalah ini, bisa dituntaskan dengan mengevaluasi cara mengajar dalam mapel Matematika. Meningkatkan kreativitas dalam mengajar, maka siswa tersebut bisa nyaman dalam belajar.

 

Selain itu juga membangun minat siswa, dengan cara guru yang bersangkutan harus menumbuhkan semangat, menggunakan metode baru yang menyenangkan siswa terhadap mapel Matematika. Dengan demikian, siswa tersebut bisa lambat laun akan mencintai mapel Matematika.

 

Sumber:

1.    Mahrita, Handayani Noor Fazaria, 2020, Faktor Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa IV SDN 2 Martapura Kabupaten Bamjar, Universitas Achmad Yani

Penulis: Nufrianti, S.Pd ( SDN 20 Simawang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad