Mengimplementasikan Pembelajararan Sosial dan Emosional di Kelas VI B SDN 02 Simawang - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Sabtu, 26 Agustus 2023

Mengimplementasikan Pembelajararan Sosial dan Emosional di Kelas VI B SDN 02 Simawang


ANETRY.NET
Pada proses pembelajaran yang dilakukan, dibutuhkan kolaborasi oleh seluruh komunitas sekolah. Dengan begitu, sebagai pendidik, tenaga kependidikan, dan anak, dapat mencitakan pembelajaran yang menyenangkan.

 

Hal itu juga sekaligus agar memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap positif mengenai aspek  pembelajaran sosial, dan emosional tentang kesadaran diri, manajemen diri, kesadaran sosial, keterampilan membangun relasi, serta membuat keputusan yang bertanggung jawab.

 

Sebelum mengimplementasikan pembelajaran sosial dan emosional, maka harus tahu terlebih dahulu pengertian dari aspek-aspek yang ada pada pembelajaran sosial dan emosional. Yang pertama adalah kesadaran diri merupakan kemampuan untuk memahami perasaan, emosi, dan nilai-nilai pada diri sendiri, dan bagaimana pengaruhnya pada perilaku diri dalam berbagai situasi dan konteks kehidupan. Manajemen diri merupakan kemampuan untuk mengelola emosi, pikiran, serta prilaku diri yang secara efektif dapat mencapai tujuan yang diharapkan sesuai situasi.

 

Sedangkan kesadaran diri, dapat dilihat dari kemampuan dalam berempati kepada orang lain, ikut merasakan apa yang dirasakan orang lain, apakah dalam keadaan suka maupun duka, termasuk yang berasal dari latar belakang, budaya, dan konteks berbeda-beda. Pada keterampilan berelasi, adalah kemampuan untuk membangun dan mempertahankan hubungan yang sehat agar terciptanya hubungan yang suportif.

 

Terakhir, adalah pengambilan keputusan yang bertanggung jawab. Dalam mengambil keputusan harus dapat memilih  dan mempetimbangkan standar-standar, dan adanya rasa aman. Pengambil keputusan juga dapat mengevaluasi manfaat dan adanya konsekuensi dari bermacam-macam tindakan dan perilkau untuk kesejahteraan diri sendiri, masyarakat, dan kelompok.

 

Upaya yang dilakukan dalam mengimplementasikan pembelajaran sosial dan emosional di kelas VI di UPT SDN 02 Simawang, dimulai dari pengajaran yang secara eksplisit di kelas, hingga kemitraan dengan keluarga serta pada komunitas untuk mengupayakan proses kolaboratif dan berkelanjutan. Pada penerapannya, sesuai dengan prinsip pendidikan Tri Sentra ( Tiga Pusat Pendidikan). Salah satunya adalah gagasan Ki Hajar Dewantara yang menerangkan, pedidikan berlangsung di tiga lingkungan yaitu keluarga, sekolah, dan masyarrakat.

 

Saat mengimplementasikan pembelajaran sosial dan emosional dengan kesadaran diri, di awal pembelajaran dapat dilakukan dengan meningkatkan konsentrasi siswa dengan menggunakan atau menanyakan perasaan anak pada hari ini. Kemudian  melakukan aktifitas atau kegiatan praktik STOP.

 

Pada manajemen diri dapat diimplementasikan pada kegiatan belajar kelompok yang dapat mengambil inisiatif dan mendemonstrasikan kendali diri dalam kelompok. Sedangkan dalam kesadaran social, anak mampu berempati dengan teman kelompoknya, serta menunjukkan dan mengakui kemampuan orang lain.

 

Mendampingi anak dalam keterampilan dalam berelasi, yaitu dengan mengimplementasikan dengan berkomunikasi aktif adalam diskusi. Pada Pengambilan keputusan yang bertanggung jawab dapat di implementasikan dengan kegiatan pembelajaran diskusi, keterbukaan dalam pikiran, rasa ingin tahu, keterampilan dalam berfikir kritis dalam menyampaikan pendapat yang bertanggung jawab.

 

Sumber:

1.    Ditpsd.kemdikbud.go.id profil pelajar pancasila.

2.    Ditpsd.kemdikbud.go.id Program guru penggerak

Penulis: Rosi Laini, S.Pd.SD (UPT SDN 02 Simawang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad