Kerjasama Tim Kelas untuk Maksimalnya Mutu Pendidikan - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Kamis, 31 Agustus 2023

Kerjasama Tim Kelas untuk Maksimalnya Mutu Pendidikan


ANETRY.NET
– Komite kelas merupakan komite yang lingkupnya hanya di lingkungan kelas. Setiap kelas memiliki komite masing-masing. Dan komite kelas ini hanya akan khusus mengurusi segala sesuatu urusan yang berhubungan dengan kelas yang sedang ditempati oleh anaknya.

 

Di sekolah penulis  sebelum terjadinya bencana covid-19 kerja sama antara sekolah dengan wali murid sangat bagus sekali atau bisa dikatakan kerja samanya sudah membudaya. Maksud membudayanya adalah setiap komite kelas aktif di kelas anak-anak mereka. Sesuai dengan UU Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 tahun 2003 pasal 56 ayat 3, memuat bahwa komite sekolah/madrasah sebagai lembaga mandiri dibentuk dan berperan dalam peningkatan mutu pelayanan dengan memberikan pertimbangan, arahan dan dukungan tenaga, sarana prasarana, serta pengawasan pendidikan pada tingkat satuan pendidikan.

 

Sesuai dengan undang undang di atas, sangat besar peran orang tua dalam meningkatan mutu pendidikan. Keberhasilan pendidikan bukan terletak di tangan guru saja, berkat kerja sama orang tua dan gurulah pendidikan itu berhasil. Sebagai orang tua hendaknya tidak membedakan perlakuan terhadap sekolah anak.

 

Contohya Bu Tuti mempunyai 3 orang anak, anak pertamanya kelas 3 SMP, anak kedua kelas 3 SD. dan Si Bungsu belum sekolah. Pada saat pembagian rapor kenaikan kelas dalam waktu yang sama, Bu Tuti meminta tetangganya yang mempuyai anak di SD  untuk mengambil rapor anak keduanya, dan ia pergi mengambil rapor anak pertamanya di SMP. Tampak sekali beberapa orang tua beranggapan anak yang sekolah di SMP lebih penting dari yang di SD. Hal ini sering dialami di SD, Padahal sekolah memberi waktu ke orang tua, walaupun terlambat datang menjemput rapor anaknya, sekolah tetap melayani mereka. Begitu pentingnya pertemuan orang tua dan guru dalam mencapai mutu pendidikan yang maksimal.

 

Untuk mencapai mutu pendidikan peserta didik, semua elemen harus menjaga kerjasama antara wali murid dengan guru. Karena hal itu akan berdampak baik, Jika seorang guru selalu berkomunikasi dengan wali murid, maka akan mendapatkan hasil yang maksimal sesuai kapasitas murid tersebut. Dan jika seorang guru membedakan siswanya sesuai daya serapnya, maka pendidikan yang diberikan tidak akan berkembang.

 

Contoh kasus, seorang guru menyatakan anak tersebut adalah anak nakal, maka dia akan menajadi nakal malah lebih parah nakalnya dari yang diperkirakan. Bila guru menyatakan siswa tidak mampu mengerjakan soal tes atau ujian, maka yang terjadi sesuai dengan perkataan guru.

 

Menjadi seorang guru adalah tugas yang mulia. Setiap ilmu yang diberikan kepada siswa akan diperhitungkan pahalanya , namun berhati-hatilah dalam menghadapi tingkah anak anak didik. Karena jika guru salah dalam berkata atau berbuat, hal itu akan mereka ingat sepanjang hayatnya.

 

Sebagai seorang pendidik, jadilah orang yang digugu dan ditiru sebagaimana semboyan pendidikan yang Ki Hajar Dewantara sampaikan, Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri Handayani.

 

Ing Ngarso Sung Tulodo dapat dipahami sebagai berikut Ing ngarso artinya itu di depan atau di muka. Sung berasal dari kata ingsun yang artinya saya. Tulodo berarti tauladan. Jadi makna dari ing ngarso sung tulodo adalah menjadi seorang pemimpin harus mampu memberikan suri tauladan bagi orang-orang di sekitarnya.

 

Jika diimplementasikan pada dunia nyata pendidikan, pemimpin adalah seorang guru atau pendidik yang harus memberi teladan. la pantas digugu dan ditiru dalam perkataan dan perbuatannya . Guru harus mampu menjadi contoh bagi siswanya, baik sikap maupun pola pikirnya.

 

Anak akan melakukan apa yang dicontohkan oleh gurunya, bila guru memberikan teladan yang baik maka anak akan baik pula perilakunya. Guru juga harus selalu memberikan pengarahan dan mau menjelaskan supaya siswa menjadi paham dengan apa yang dimaksudkan oleh guru.

 

Sementara itu Ing Madyo Mangun Karso dapat dipahami sebagai berikut. Ing madyo artinya di tengah-tengah. Mangun berarti membangkitkan, membangun, atau menggugah. Karso diartikan sebagai bentuk kemauan atau niat. Jadi makna dari ing madyo mangun karso adalah walaupun berada di tengah kesibukan, harus mampu membangkitkan dan memberikan semangat bagi orang lain.

 

Bila diimplementasikan pada dunia nyata pendidikan, seorang guru adalah pendidik yang selalu berada di tengah-tengah para muridnya dan terus-menerus membangun semangat dan ide-ide mereka untuk berkarya.

 

Guru yang berada di antara siswa-siswa harus mampu memberikan inspirasi dan motivasi yang positif bagi siswanya, sehinggga siswa diharapkan bisa lebih maju dalam belajar. Semboyan ini dapat diwujudkan dengan cara diskusi dan mayoritas siswa harus paham atau menguasai materi diskusi.

 

Sedangkan semboyan Tut Wuri Handayani, dipahami bahwa Tut wuri artinya mengikuti dari belakang. Handayani berarti memberikan dorongan moral atau dorongan semangat. Tut wuri handayani diartikan seseorang harus dapat menjadi pendorong bagi orang lain, dengan memberikan semangat kerja dan moral yang baik, sehingga menumbuhkan motivasi dan semangat.

Saat diimplementasikan pada dunia nyata pendidikan, seorang guru adalah pendidik yang terus-menerus menuntun, menopang dan menunjuk arah yang benar bagi hidup dan karya anak-anak didiknya.

 

Apabila siswa sudah paham dengan materi, siswa sudah pandai dalam banyak hal, maka guru harus menghargai siswanya tersebut dan memberikan kepercayaan bahwa siswa dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. Guru dilarang meremehkan kemampuan siswa. Semboyan ini diwujudkan dengan pemberian tugas, ataupun belajar secara mandiri atau pengayaan.

 

Daftar Pustaka:

1.      UU Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 tahun 2003 pasal 56 ayat 3

2.      https://www.detik.com/jateng/berita/d-6699779/3-semboyan-pendidikan-ki-hajar-dewantara-dan-artinya.

Penulis: Maryani, S.Pd (UPT SDN 03 Rambatan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad