Gaya Hidup Ramah Lingkungan, Inspirasi Guru Kembangkan P5 - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Minggu, 20 Agustus 2023

Gaya Hidup Ramah Lingkungan, Inspirasi Guru Kembangkan P5


LHOKSEUMAWE,
ANETRY.NET
SMAN 1 Muara Batu mengolah minyak jelantah menjadi sabun cuci yang diberi nama “Salanta”. Bahan yang dibutuhkan untuk projek ini berupa minyak jelantah, arang, soda api, dan air. 

 

Proses pembuatan projek ini sangat sederhana, dimulai dengan merendam minyak jelantah dengan arang selama 24 jam untuk menghilangkan bau dan zat pengotor lainnya. Kemudian minyak disaring menggunakan kaos bekas sehingga minyak jelantahnya menjadi jernih. Peralatan yang butuhkan adalah baskom plastik, dan spatula kayu.

 

Prosesnya, masukkan soda api (NaOH) sebanyak 128 gram ke dalam air 360 ml. Perlu diperhatikan, soda api yang dimasukkan ke dalam air bukan sebaliknya karena reaksi yang dihasilkan adalah reaksi eksoterm atau menghasilkan panas.

 

Setelah panasnya agak turun, larutan soda api dimasukkan ke dalam minyak jelantah yang telah ditempatkan di dalam wadah. Kemudian diaduk sampai merata. Setelah itu ditambahkan pewangi (fragrance oil), dikocok sampai mengental.

 

Kemudian tambahkan warna sesuai selera kemudian dituang ke dalam cetakan sabun. Diamkan selama 24 jam sehingga adonan akan mengeras dan dikeluarkan dari cetakan. Lalu, sabun siap digunakan untuk mencuci kain.

 

Sedangkan untuk membuat lilin aromaterapi, bahan yang dibutuhkan adalah minyak jelantah, strearin acid, esensial oil dan crayon.

 

Proses pembuatannya dimulai dengan memanaskan minyak jelantah terlebih dahulu, kemudian setelah minyaknya hangat ditambahkan strearin acid diaduk sampai merata.

 

Kemudian ditambahkan crayon yang telah diserut halus sampai tercampur rata, setelah itu ditambahkan esensial oil dan dituang ke dalam cetakan lilin. Lebih kurang 24 jam, lilin akan mengeras dan siap digunakan. (kemdikbud)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad