Didukung Dinas Pendidikan, K3S Antusias Gerakkan Penguatan Literasi - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Selasa, 08 Agustus 2023

Didukung Dinas Pendidikan, K3S Antusias Gerakkan Penguatan Literasi


TANAH DATAR,
ANETRY.NET
– Membangun sumber daya manusia yang berkualitas, tidak lepas dari program pembinaan dan pengembangan yang terukur dan bersinergi dengan pemangku kepentingan terkait.

 

Seperti kegiatan yang digelar Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (P3SDM) Melati, bekerjasama dengan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) SD se-Kecamatan Rambatan Kabupaten Tanah Datar, Selasa (8/8) di Aula K3S setempat. FGD yang fokus pada pengembangan gerakan literasi di sekolah-sekolah tersebut, diarahkan khususnya pada literasi kepenulisan dan literasi digital.

 

Pada pembukaan kegiatan, dalam sambutannya Anggota DPRD Kabupaten Tanah Datar, Kamrita menyebutkan, kegiatan FGD dalam rangka kegiatan roadshow gerakan literasi nasional oileh P3SDM Melati, merupakan hal penting bagi guru-guru.

 

“Ini adalah kegiatan yang penting untuk para guru di daerah kita. Menurut informasi dari pihak P3SDM Melati, kegiatan ini adalah awal, yang selanjutnya akan dibentuk dalam workshop-workshop literasi, baik literasi kepenulisan maupun literasi digital,” sebut Kamrita.

 

Selain itu, sambung Anggota DPRD yang intens melihat perkembangan pendidikan di Luhak nan Tuo tersebut, bidang-bidang dalam pengembangan literasi yang akan dijadikan kegiatan utama dalam menuju Kabupaten Literasi, sangat bermanfaat bukan hanya untuk guru tapi juga untuk siswa.

 

“Selain itu juga terkait dengan Kurikulum Merdeka, saya mendapat informasi bahwa guru-guru kita belum semuanya memahami secara matang terkait bagaimana Implementasi Kurikulum Merdeka. Ke depan, melalui kegiatan-kegiatan yang digelar oleh lembaga P3SDM Melati, bisa mendongkrak pemahaman bersama terkait Kurikulum Merdeka,” imbuhnya.

 

Sementara itu Alfia, Kepala Bidang SD yang mewakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Datar dalam sambutannya menyebutkan, literasi snagat penting ketika dihadapkan pada situasi yang kompleks dan beragam.

 

“Dengan penguasaan literasi, baik bidang kepenulisan maupun digital, kita tidak lagi dapat tertipu oleh informasi yang salah. Literasi juga dapat membantu generasi kita mempersiapkan masa depan yang lebih baik,” paparnya.

 

Karena itu, sambung Alfia, para kepala sekolah yang ada di Kecamatan Rambatan, agar berkomitmen untuk tindakan yang nyata.

 

“Saya mengajak kita semua menjadi bagian dari gerakan literasi. Mari kita jadi bagian pengembangan literasi nasional, khususnya di Tanah Datar dengan mengambil tindakan nyata gerakan literasi,” tegasnya.

 

Kegiatan yang merupakan awal dari rangkaian kegiatan literasi di Tanah Datar khususnya di Kecamatan Rambatan tersebut, dilanjutkan dengan pembagian jadwal workshop baik untuk guru maupun siswa. Dan seluruh rangkaian kegiatan itu akan diampu sepenuhnya oleh lembaga P3SDM Melati. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad