Pesantren Daarul Ihsan Balimbiang, Siap Masuki Tahun Pelajaran 2023-2024 - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Minggu, 25 Juni 2023

Pesantren Daarul Ihsan Balimbiang, Siap Masuki Tahun Pelajaran 2023-2024


Tanah Datar, Anetry.Net
– Tumbuhnya pesantren-pesantren modern di daerah, merupakan bukti keikutsertaan masyarakat dalam menyelenggarakan dan membangun pendidikan negeri ini.

 

Seperti yang dilakukan oleh Yayasan Insan Mulia Balimbiang (IMB), sebuah yayasan yang bergerak di bidang pendidikan dan sosial ekonomi itu, kini tengah berjuang bersama masyarakat Tanah Datar khususnya Nagari Balimbiang Kecamatan Rambatan dalam membangun lembaga pendidikan bernama Pondok Pesantren Daarul Ihsan dan SMP IT Boarding School Daarul Ihsan.

 

Bertempat di Jorong Kinawai Nagari Balimbiang, Pondok Pesantren Daarul Ihsan dan SMP Islam Terpadu Boarding School Daarul Ihsan di atas tanah wakaf seluas 6.089M². “Insya Allah, tahun pelajaran 2023-2024 kegiatan belajar mengajar sudah bisa kita laksanakan. Saat ini sudah ada sejumlah santri yang mendaftar dan kita terima,” demikian ujar Drs. Mukhyar DN, salah seorang anggota Dewan Pengawas Yayasan berbincang dengan awak media di lokasi pembangunan pesantren Daarul Ihsan, Sabtu (24/6).

 

Menurut sosok yang merupakan pensiunan guru tersebut, dunia pendidikan Tanah Datar tengah bertumbuh di berbagai bidang, termasuk program tahfidz yang juga akan dimasukkan ke dalam program utama pesantren Daarul Ihsan nanti.

 

“Untuk guru, kita memiliki dua orang Hafidz Quran 30 Juz. Semua sudah lengkap, kita sudah siapkan sistrem kurikulum yang merupakan perpaduan antara kurikulum nasional dan kurikulum pesantren. Santri Daarul Ihsan nanti akan belajar seperti sekolah umum dan juga program pesantren,” demikian disampaikan Mukhyar yang kini juga sedang mempersiapkan dirinya sebagai Calon Anggota Legislatif (Caleg) dari Partai Ummat Tanah Datar.

 

Masih di tempat yang sama, M. Peto Alam salah seorang anggota Dewan Pembina Yayasan IMB menyebutkan, kini pembangunan lokal belajar dan sarana pendukung lainnya sedang dikebut sampai batas waktu jadwal tahun pelajaran dimulai.

 

“Kita sedang berkejaran dengan waktu untuk penyelesaian saranan prasarana belajar. Insya Allah akan selesai sesuai waktu yang disepakati,” demikian sebutnya diaminkan oleh Mukhyar DN.

 


Kini, di tengah pengerjaan bangunan Pesantren Daarul Ihsan, bantuan dari berbagai pihak terus mengalir. “Alhamdulillah, semoga kebutuhan pembangunan pesantren ini dapat terpenuhi,” sambung M. Peto Alam yang juag Calon Wali Nagari Balimbiang itu.

 

Diketahui dari pembicaraan awak media bersama sejumlah tokoh yayasan Insam Mulia Balimbiang, kebutuhan pembangunan Pesantren Daarul Ihsan tersebut membutuhkan dana sebesar Rp2,1 miliar.

 

Bagi para donatur dan dermawan, bisa menyalurkan bantuan langsung kepada pengurus yayasan IMB di Jorong Kinawai Nagari Balimbiang Kec. Rambatan Kab. Tanah Datar dengan nomor penghubung 081378132181. Atau juga bisa langsung melalui Bank BNI 46 Kantor Cabang Pembantu Batusangkar atas nama Insan Mulia

Balimbiang dengan nomor rekening 1630764279. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad