Merawat Tradisi Melestarikan Sungai Batanghari di Kenduri Swarnabhumi 2023 - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Senin, 26 Juni 2023

Merawat Tradisi Melestarikan Sungai Batanghari di Kenduri Swarnabhumi 2023

Jambi, Anetry.Net – Kemdikbudristek meluncurkan Kenduri Swarnabhumi 2023. Program pemajuan kebudayaan Melayu di Daerah Aliran Sungai (DAS) Batahari ini mengangkat tema "Cintai Budaya Kita Lestarikan Sungai, Cintai Sungai Kita Lestarikan Budaya".

 

Peluncuran Kenduri Swarnabhumi 2023. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama

Kenduri Swarnabhumi sebagai sebuah platfrom diinisasi oleh Kemendikbudristek. Kemdikbudristek pun bekerja sama dengan 12 Pemerintah Daerah dan sejumlah komunitas di Jambi, hingga Sumatra Barat.

 

"Pada tahun ini kita bersama-sama mengadakan berbagai festival juga ekspedisi Batanghari. Selain itu kita ingin melakukan penguatan ekosistem tata kelola lingkungan dengan komunitas di Jambi," kata Koordinator Kenduri Swarnabhumi, Ahmad Mahendra, di Gelanggang Olahraga dan Seni, Jambi, Sabtu (24/6).

 

Selain itu, rangkaian tradisi terkait sungai juga dilakukan. Mulai dari penanaman pohon, penebaran benih ikan, pelibatan generasi muda dan masyarakat untuk membersihkan sungai, serta diskusi yang akan membahas tindak lanjut pelestarian DAS Batanghari.

 

Rangkaian acara tersebut diharapkan dapat memperkuat kebudayaan Melayu sebagai identitas terbesar sepanjang DAS Batanghari. Pihaknya menekankan jika manusia, sungai dan budaya tak dapat dipisahkan.

 

Menurutnya, meningkatkan keterhubungan antara sungai, manusia, dan budaya guna mengembangkan dan memanfaatkan warisan tradisi dan cagar budaya nasional sangat penting. Terlebih, dalam pelestarian lingkungan terutama sungai untuk peradaban yang lebih maju.

 

Dirjen Kebudayaan Kemdikbudristek Hilmar Farid menambahkan, jika kunci keberlanjutan platform ini, adalah pemangku kepentingan dan masyarakat. Karena sejatinya, pemajuan kebudayaan dan pelestarian lingkungan ada di tangan masyarakat.

 

"Dengan kebudayaan bahasa yang sulit jadi mudah, semangat pelestarian menjadi indah. Inilah Swarnabhumi," sebut Hilmar.

 

Pada pelaksanaan Swarnabhumi kedua di Jambi ini, ia berharap ada peningkatan keterlibatan masyarakat. Sebab menurutnya, festival dan rangkaian acara dalam Swarnabhumi bukan milik pemerintah saja.

 

"Bukan milik pemerintah pusat, bukan milik pemerintah daerah, tapi milik masyarakat. Karena itu saya ingin melihat keterlibatan masyarakat lebih besar dalam kegiatan ini," ujar Hilmar.

 

Kenduri Swarnabhumi akan berlangsung sejak bulan Juli hingga November 2023. Berikut beberapa festival budaya yang akan digelar dalam rangkaian Kenduri Swarnabhumi:

 

1. Kenduri Sko 13 Desa Gunung Tujuh Kabupaten Kerinci

2. Festival Gong Sitimang Kota Jambi

3. Bebiduk Besamo Kabupaten Muaro Jambi

4. Festival Pangabuhan Kabupaten Tanjung Jabung Barat

5. Festival Pangkalan Jambu Kabupaten Merangin

6. Tapa Malenggang Kabupaten Batanghari

7. Lapik Semendo Kabupaten Sarolangun

8. Festival Budaya Air Tanjung Gedang Kabupaten Bungo

9. Festival Pamalayu Kabupaten Dharmasraya

10. Seentak Galah Serengkuh Dayung Kabupaten Tebo

11. Ngali Ndea Kota Sungai Penuh

12. Festival Tradisi Jambi Provinsi Jambi

(source: medcom)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad