Hati-hati! Penyebaran Malware Baru Menggunakan USB - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Kamis, 29 Juni 2023

Hati-hati! Penyebaran Malware Baru Menggunakan USB

Pekalongan, Anetry.Net – Check Point Research belum lama ini mengumumkan bahwa terdapat metode atau modus terbaru untuk penyebaran malware, yakni menggunakan perangkat USB.

 

Ilustrasi USB Malware (Sumber: CSO Online)

Hal tersebut menjadi sebuah celah baru dari persebaran malware, dan pastinya dengan hal ini akan semakin mudah untuk menyebarkan malware ke perangkat korban.

 

Kasus ini mengambil perhatian dari sebuah kelompok yang bernama Camaro Dragon. Itu merupakan kelompok asal Tiongkok yang memang merupakan salah satu aktor yang menyebarkan ancaman spionase dengan target mereka mayoritas berlokasi di Asia Tenggara. 

 

Mereka menjadi salah satu pencetus persebaran melalui USB, dan memang sudah menargetkan Asia Tenggara. Oleh karena itu, persebaran malware ini memang dipercaya menjadi ancaman yang cukup serius dan akan sangat mudah tersebar.

 

Salah satu korban dari kasus ini adalah institusi perawatan kesehatan. Malware akan menyusup ke sistem mereka melalui drive USB yang sudah terinfeksi. Oleh karena itu, dengan adanya insiden ini maka berhasil untuk mendorong Check Point Researc untuk melakukan penyidikan lebih lanjut agar bisa mendapatkan penemuan dari serangan malware ini.

 

CPR mengemukakan bahwa program jahat ini memang mempunyai kemampuan untuk memperbanyak diri melalui Drive USB. Jadi, hadirnya serangan ini akan semakin mudah dengan persebaran Malware dan menyerang para korban.

 

Seperti yang diketahui juga, sebagian besar pengguna perangkat seperti laptop atau komputer maka biasanya mereka memerlukan perangkat USB untuk menyimpan data mereka. Oleh karena itu, CPR memberikan beberapa tips untuk meminimalisir dari serangan tersebut.

 

Tips yang pertama adalah untuk selalu meningkatkan rasa kewaspadaan. Dengan begitu, maka individu akan mempunyai sifat skeptis untuk apapun yang mereka terima. Selain itu, untuk perusahaan bisa menciptakan sebuah program pelatihan tentang keamanan siber agar mereka bisa lebih waspada dan awas terkait kejahatan siber yang menggunakan USB.

 

Kemudian, tips yang kedua adalah untuk perusahaan bisa menggunakan persyaratan yang diperketat dalam penggunaan USB. Perusahaan juga bisa meminta untuk para karyawan menyimpan file menggunakan layanan cloud.

 

Tips yang ketiga dan yang terakhir adalah untuk selalu meningkatkan keamanan siber pengguna atau karyawan. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengganti password secara rutin. Kemudian, ajak para karyawan untuk tidak menggunakan website yang mencurigakan dan selalu menanamkan sifat double verification untuk setiap hal.  (source: medcom)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad