Kominfo Fasilitasi Pelatihan dan Sertifikasi Talenta Digital Nasional - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Selasa, 16 Mei 2023

Kominfo Fasilitasi Pelatihan dan Sertifikasi Talenta Digital Nasional


Jakarta, Anetry.Net
- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memberikan fasilitas pelatihan dan sertifikasi sumber daya manusia (SDM) digital bidang Data Science dan konvergensi Desain Multimedia berbasis Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

 

Kegiatan tersebut dilaksanakan guna untuk memenuhi kebutuhan talenta digital nasional yang terus berkembang.

 

"Kebutuhan talenta digital makin berkembang seiring perkembangan teknologi, sehingga pemenuhan kebutuhan SDM bidang tersebut perlu diwujudkan," ujar Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Kabalitbang SDM) Kementerian Kominfo, Hary Budiarto, dalam keterangannya terkait Pelatihan dan Sertifikasi Tema Associate Data Scientist dan Intermediate Multimedia Designer di Semarang, Jawa Tengah, pada Senin (15/5).

 

Pelatihan itu merupakan bagian dari  Program Digital Talent Scholarship Periode 2023, Akademi Vocational School Graduate Academy (VSGA).

 

Menurut Hary, program itu meryupakan bagian dari penyiapan SDM talenta digital telah dicanangkan pemerintah di dalam Peta Jalan Indonesia Digital 2021–2024.

 

“Ini bagian dari upaya mewujudkan pilar keempat yaitu masyarakat digital, sehingga Balitbang SDM merancang sejumlah akademi dalam Program Digital Talent Scholarship," kata Kabalitbang SDM Kementerian Kominfo.

 

Hary mengatakan, Akademi VSGA dalam Program DTS 2023 ditujukan untuk memberikan fasilitasi bagi lulusan pendidikan vokasi.

 

"Program VSGA bagi lulusan vokasi, dilaksanakan untuk mewujudkan Indonesia Terkoneksi agar Semakin Digital, Semakin Maju,” tutur dia.

 

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah, Riena Retnaningrum, menyambut baik pelatihan dan sertifikasi melalui sekolah vokasi Akademi VSGA. Program pendidikan vokasi ini diharapkan bisa digelar di kota-kota atau kabupaten lain di Provinsi Jawa Tengah untuk menambah jumlah talenta digital di daerah.

 

"Saya berharap kegiatan serupa dapat dilakukan secara luas di berbagai kabupaten dan kota di Provinsi Jawa Tengah," ujar Riena.

 

Sementara itu, Ketua Kelompok Kerja Akademi VSGA Program DTS 2023 menyatakan, pelatihan ini diikuti 100 orang peserta dari Kota Semarang dan sekitarnya.

 

Masyarakat Kota Semarang dinilai sangat antusias dalam mengikuti pelatihan gratis ini karena setiap peserta berkesempatan untuk mengikuti sertifikasi kompetensi bersama asesor dari lembaga sertifikasi profesi.

 

"Kami melakukan seleksi yang ketat dari total 350 orang pendaftar,” pungkas Ketua Kelompok Kerja Akademi VSGA.

 


source: InfoPublik    editor: redaksi    foto: humas Kominfo

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad