Sering Digunakan untuk Pembayaran Belanja Online, Apa Itu Virtual Account? - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Selasa, 25 April 2023

Sering Digunakan untuk Pembayaran Belanja Online, Apa Itu Virtual Account?


Jakarta, Anetry.Net
– Semakin canggihnya teknologi saat ini membuat seluruh lini kehidupan masyarakat di dunia harus beradaptasi.

 

Bukan untuk membuat rumit, keberadaan teknologi semakin mempermudah segala urusan, tak terkecuali metode pembayaran dan sistem transaksi masyarakat di perbankan.

 

Sebelumnya telah ada transfer rekening manual di bank. Namun sayangnya metode ini dinilai masih banyak kekurangannya. Mulai dari tidak efisien, berpeluang terjadi human error, hingga soal keamanan.

 

Oleh karena itu, bank mengembangkan cara transaksi masyarakat menggunakan virtual account. Virtual account dinilai memiliki beberapa kelebihan dibandingkan transfer rekening manual.

 

Saat ini virtual account digunakan oleh banyak digunakan oleh e-commerce. Intinya opsi pembayaran digital melalui virtual account saat ini mendukung ekosistem digital Indonesia. 

 

Mengenal virtual account

 

Virtual account adalah metode pembayaran digital melalui akun virtual yang dibuat khusus untuk masing-masing pelanggan. Untuk setiap transaksi, pelanggan akan dirujuk ke virtual account tersebut untuk melakukan pembayaran.

 

Virtual account terdiri dari nomor ID pelanggan (customer ID) yang unik bagi setiap pelanggan. Artinya, tidak ada nomor virtual account yang benar-benar sama di antara mereka.

 

Hal ini bertujuan supaya transaksi dapat teridentifikasi secara otomatis untuk setiap pelanggan yang berbeda. Ketika transaksi selesai, pelanggan juga tidak perlu mengirimkan bukti transfer.

 

Perlu diingat! bahwa cara kerja virtual account berbeda dengan rekening biasa. Rekening biasa mengharuskan pelanggan untuk menulis nomor rekening tujuan, nominal transfer, dan informasi penyerta secara manual. Pelanggan perlu memasukkan data-data tersebut satu per satu agar bisa melakukan transaksi. Di akhir proses, pelanggan masih perlu menyetor bukti transaksi.

 

Virtual account jauh lebih sederhana dari itu. Pelanggan cukup memilih opsi pembayaran Virtual account sebagai metode pembayaran. Kemudian, kode pembayaran berbentuk customer ID akan dikirimkan ke pelanggan secara otomatis.

 

Langkah selanjutnya adalah pelanggan bisa langsung melakukan transfer ke nomor rekening virtual, dan transaksi pun selesai. (medcom/Ilustrasi: nicepaycoid)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad