Ini Cara Pemerintah Kabupaten Tingkatkan Indeks Literasi di Daerah - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Rabu, 19 April 2023

Ini Cara Pemerintah Kabupaten Tingkatkan Indeks Literasi di Daerah

Boyolali, Anetry.Net Tingkat literasi di Indonesia masih kurang memuaskan, tentu ini harus menjadi perhatian serius oleh pihak-pihak terkait.

 

Buku contoh cerita lokal atau cerita rakyat Boyolali yang telah diterbitkan. Pemerintah Kabupaten Boyolali berencana menerbitkan buku cerita lokal dari 22 kecamatan di Boyolali. (Solopos/Ni’matul Faizah)

Bupati Boyolali Said Hidayat menyampaikan, yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Boyolali dalam meningkatkan literasi atau minat baca yaitu dengan komunikasi dan sosialisasi, komunikasi kepada ruang-ruang lingkup Pendidikan.

 

“Kita dorong, kita bangun kesadaran, kata kuncian adalah membangun kesadaran, kita bangunkan perpustakaan yang baik,” ucapnya.

 

“Ini bagian juga yang memberikan dorongan anak-anak, karena ini secara rutin dari sekolah-sekolah hadir langsung ke perpustakaan diantar para guru-gurunya juga hadir di perpustakaan untuk apa membaca secara langsung buku-bukunya.

 

Dengan program kita “Boyolali Kaya Cerita”, ini satu langkah yang dilakukan Boyolali dan mulai tahun 2022 yang lalu dengan menghasilkan 22 buku tentang kearifan lokal boyolali.

 

“Tahun 2023 ini adalah 39 buku yang dapat kita hadirkan sehingga secara keseluruhan sudah ada 61 buku dalam konsep Boyolali Kaya Cerita,” ucapnya.

 

Diketahui, merujuk pada data Program for International Student Assessment (PISA) yang diselenggarakan oleh Organization for Economic Co-operation and Development (OECD), Indonesia menjadi bagian dari 10 negara yang memiliki tingkat literasi rendah di tahun 2019, di peringkat 62 dari 70 negara. (dpr/humas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad