Gandeng Pemda, Balai Bahasa Gelar Rakor Bahasa Revitalisasi Bahasa Daerah - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Sabtu, 01 April 2023

Gandeng Pemda, Balai Bahasa Gelar Rakor Bahasa Revitalisasi Bahasa Daerah


Surabaya, Anetry.Net
Badan Bahasa melalui Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur (Jatim) menggelar Diskusi Kelompok Terpumpun (DKT) dengan pemerintah daerah (pemda) terkait Program Revitalisasi Bahasa Daerah (RBD) di Provinsi Jawa Timur.

 

Dalam acara tersebutr berlangsung penandatanganan komitmen bersama antara Balai Bahasa Provinsi Jatim dengan pemda terkait penguatan RBD. 

 

Kepala Pusat Pengembangan dan Pelindungan Bahasa dan Sastra, Badan Bahasa, Imam Budi Utomo menyampaikan bahwa pelindungan bahasa dan sastra daerah merupakan program prioritas Kemdikbudristek yang harus berjalan serentak hingga ke tingkat daerah.

 

Oleh karena itu, revitalisasi bahasa daerah ini menjadi tanggung jawab semua pihak khususnya pemerintah provinsi Jawa Timur dan empat kabupaten di Madura sebagai penanggung jawab implementasi program di lapangan.

 

“Kegiatan DKT tersebut diharapkan menghasilkan komitmen dari pemerintah daerah di Madura untuk mendukung program RBD Badan Bahasa. Selain itu, kegiatan tersebut diharapkan akan menghasilkan modul dan materi yang akan digunakan sebagai bahan ajar dalam pelatihan guru master,” tutur Imam secara virtual, beberapa waktu lalu.

 

Sebagai perwujudan implementasi kebijakan Merdeka Belajar Episode ke-17 tentang Revitalisasi Bahasa Daerah (RBD) khususnya di Jatim, Balai Bahasa Provinsi Jatim mengadakan kegiatan DKT). Kegiatan tersebut dilaksanakan di Pendopo Kabupaten Pamekasan. Kegiatan DKT dibuka secara resmi oleh Bupati Kabupaten Pamekasan, Badrut Tamam.

 

Peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut berjumlah 50 orang, yang terdiri atas sekda, kepala Dinas Pendidikan, kepala bidang kebudayaan, MKKS, MKKG, koordinator pengawas pendidikan, kepala dinas informasi dan komunikasi (infokom), komunitas sastra, literasi, dan pendidikan, serta para pakar bahasa Madura/maestro dari empat kabupaten di Madura, yaitu Kabupaten Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep.

 

Dalam sambutannya, Kepala Balai Bahasa Jawa Timur, Umi Kulsum menyampaikan bahwa tujuan dari RBD adalah untuk melestarikan bahasa daerah terutama kepada generasi muda. “Generasi muda perlu didorong untuk mencintai bahasa daerah supaya mereka tidak malu menggunakan bahasa daerah sebagai alat komunikasi,” ujarnya di Surabaya.

 

Selain itu, Umi Kulsum juga menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang mendukung tahapan pelaksanaan RBD di Jatim.

 

“Saya berterima kasih kepada Bupati Pamekasan atas fasilitas yang diberikan kepada Balai Bahasa Provinsi Jatim untuk kegiatan DKT serta meminta dukungan dan arahan lebih lanjut dari Bapak Bupati untuk penguatan RBD,” ucapnya. (kemdikbud)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad