Manajemen Organisasi Profesi Guru Perlu Perbaikan - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Rabu, 22 Maret 2023

Manajemen Organisasi Profesi Guru Perlu Perbaikan


Jakarta
, Anetry.Net
– Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia Cecep Darmawan, menyebut tata kelola organisasi profesi guru mesti diperbaiki. Terlebih, saat ini banyak sekali organisasi yang menaungi guru.

 

"Prinsip perbaikan dapat dilakukan secara partisipatif melibatkan berbagai elemen guru, organisasi profesi guru, para pakar, dan para pemangku kebijakan," katanya dalam webinar Tata Kelola Organisasi Profesi Guru dikutip Senin (20/3).

 

Cecep menyebut perbaikan juga mesti dilakukan terbuka dan transparan atau memperhatikan aspek keterbukaan informasi publik. Dia mengatakan perbaikan juga mesti akuntabel atau mampu dipertanggungjawabkan.

 

Selanjutnya, perbaikan mesti objektif dan tidak diskriminatif. Selain itu, mengedepankan otonomi, kebebasan, dan independensi bagi profesi guru dalam mengatur organisasinya.

 

"Tidak melanggar atau mengurangi hak-hak asasi guru, utamanya hak-hak guru dalam berserikat, berkumpul, dan mengemukakan pendapatnya," jelasnya.

 

Perbaikan diharapkan mampu berdampak atau memiliki output dan outcome bagi peningkatan kualitas profesionalisme guru.

 

"Dan terpenting perbaikan tidak melanggar ketentuan peraturan perundang-undangan atau taat asas legalitas," ujarnya. (medcom)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad