Ini Tantangan Pengelolaan Potensi Filantropi Islam - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Jumat, 31 Maret 2023

Ini Tantangan Pengelolaan Potensi Filantropi Islam

Pekalongan, Anetry.NetPotensi filantropi Islam Indonesia yang meliputi zakat, infak, sedekah, dan dana keagamaan sosial keagamaan lainnya (ZIS-DSKL) sangat fantastis (sekitar 327 trilyun/tahun).

 


Namun dalam kenyataan di lapangan, aktualisasinya masih jauh dari sempurna (22,4 trilyun pada tahun 2022). Apa masalahnya? 

 

Menurut Kamaruddin Amin (Dirjen Bimas Islam), ada beberapa tantangan pengelolaan ZIS-DSKL. Pertama, tingkat literasi umat terkait ZIS-DSKL masih rendah, yang memiliki literasi tentangnya pun masih permukaan.

 

Kurikulum lembaga pendidikan kita belum menyiapkan cukup literasi bagi para peserta didiknya. Hanya 15 % literasi masyarakat tentang ZIS-DSKL bersumber dari lembaga pendidikan.

 

Yang menarik, sumber literasi umat terbesar tentang ZIS-DSKL adalah dari ceramah keagamaan (48,8 %); penceramah, ulama, penyuluh, muballig (aktivitas keagamaan non formal). Selebihnya dari medsos, media elektronik, keluarga, dan lainnya.

 

Kedua, pengumpulan zakat belum sepenuhnya dikelola secara kelembagaan. Sebanyak 11 % masyarakat menyalurkan zakatnya langsung kepada mustahiq; 1,2 % kepada tokoh agama; 2,0 % kepada yayasan; 2,0 % kepada pesantren; 22,6 % ke masjid dan musalla; 4,5 % ke UPZ; 7,2 % ke LAZ; dan 49,4 % ke BAZNAS.

 

Ketiga, kata Kamaruddin, tata kelola yang belum sempurna dan masih perlu penguatan dalam pengawasan syariah, audit syariah, audit keuangan, pelaporan pengumpulan dan pendistribusian, publikasi laporan keuangan, penguatan dewan pengawas syariah, peningkatan kompetensi amil dan akreditasi kelembagaan. 

 

Selanjutnya yang keempat, ekosistem pengelolaan zakat walau sudah cukup lengkap, masih perlu penguatan. Perintah Al-Quran dan sunnah tentang kewajiban zakat tak perlu lagi dijelaskan di sini. (*/ist)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad