Ini Kata Kadisdikbud Jawa Tengah Soal Revitalisasi Bahasa Jawa - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Sabtu, 18 Maret 2023

Ini Kata Kadisdikbud Jawa Tengah Soal Revitalisasi Bahasa Jawa

Semarang, Anetry.NetKadisdikbud Provinsi Jateng, Uswatun Hasanah mengucapkan apresiasi dan terima kasih atas kepedulian pemda dalam pelaksanaan Revitalisasi Bahasa Daerah di Jateng.

 

Kadisdikbud Provinsi Jateng, Uswatun Hasanah. (Dok. UNS)

“Saya ucapkan terima kasih kepada Bapak dan Ibu semua bahwa sampai dengan hari ini kalian (panjenengan) tetap konsisten berpartisipasi urun rembuk dan ikut mengawal pelaksanaan Revitalisasi Bahasa Jawa,” tutur Uswatun.

 

Ia menyampaikan hal itu dalam Rapat Koordinasi Badan Bahasa dengan pemerintah daerah terkait Program Revitalisasi Bahasa Daerah  (RBD) di Provinsi Jawa Tengah beberapa hari lalu di Semarang. Kehadirannya pada kesempatan tersebut mewakili Gubernur Provinsi Jateng.  

 

Uswatun mengatakan, pihaknya menilai penting kebijakan Merdeka Belajar 17 untuk dilakukan oleh seluruh pemangku kepentingan. Sebab, para penutur muda dapat menjadi penutur aktif bahasa daerah.

 

Selain itu, dengan RBD, dapat menumbuhkan kemauan dan semangat para penutur muda dalam mempelajari bahasa daerah melalui media yang disukai. Dengan demikian, generasi muda akan bangga menggunakan bahasa daerah dan ikut melestarikannya sebagai salah satu kekayaan Indonesia.

 

”Kita apresiasi Kemdikbudristek yang terus berupaya mewariskan bahasa daerah pada generasi muda, bukan sebuah keharusan, tetapi karena kecintaan,” sambungnya.

 

Diketahui, sederat aksi nyata yang telah dilaksanakan Pemprov Jateng terhadap pelindungan bahasa Jawa, yakni penetapan setiap hari Kamis berbahasa Jawa di jajaran Pemprov Jateng, fasilitasi pembiayaan penyediaan buku mulok bahasa Jawa bagi satuan pendidikan.

 

Selanjutnya, fasilitasi ruang ekspresi kepada siswa  melalui kompetisi bahasa Jawa dalam bentuk akademis maupun seni budaya (lomba pranatacara, lomba macapat, pertunjukan seni, dan lain-lain).

 

Dan  juga partisipasi pada forum nasional maupun regional berkait dengan bahasa Jawa, dan 5) komitmen menggelar Kongres Bahasa Jawa (KBJ) yang pada tahun 2023 ini Jawa Tengah menjadi tuan rumah KBJ ke VII. (SP)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad