Harus Cerdas, Masyarakat Harus Saring Informasi di Medsos - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Rabu, 29 Maret 2023

Harus Cerdas, Masyarakat Harus Saring Informasi di Medsos

Jakarta, Anetry.Net – Masyarakat diminta berperan aktif dalam menggunakan media sosial (medsos), khususnya dalam menyaring informasi. Peran tersebut dibutuhkan menghalau hoaks dan memperoleh informasi yang tepat.

 

Ilustrasi hoaks. (Pict source: MI)

"Kita sering menemukan tulisan di medsos yang sangat tendensius yang dilengkapi bukti bukti tidak tepat, sehingga informasi-informasi itu sampai kepada masyarakat sebagai informasi yang salah," kata anggota Komisi I DPR Taufiq R Abdullah di Jakarta, Senin lalu.

 

Hal tersebut diungkap Taufiq dalam diskusi yang diinisiasi Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika. Dalam diskusi bertajuk 'halau hoaks di ruang digital' itu, Taufiq meminta masyarakat mewaspadai hoaks yang makin merajalela.

 

Ketua Dewan Pakar Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) Yuliandrie Darwis menyebut perlu kehati-hatian yang ekstra dari masyarakat. Apalagi, 77 persen populasi warga merupakan pengguna internet.

 

Yuliandrie meminta pemerintah juga berperang meningkatkan literasi digital pada masyarakat. Menurut dia, hal tersebut sangat berpengaruh pada upaya dan peran masyarakat dalam menangkal hoaks.

 

"Tidak bisa kita pungkiri bahwa hoaks akan berjalan selaras dengan berkembangnya teknologi digital dan semakin marakanya masyarakat yang menggunakan perangkat digital untuk berkomunikasi," katanya.

 

Menurut Yuliandrie, hal tersebut hanya bisa dicegah melalui peran aktif masyarakat yang telah dibekali literasi digital. Sehingga, tak tersesat di tengah 'hutan' informasi. 

 

"Menghalau berita hoaks atau yang menyesatkan agar tidak semakin tersebar luas di masyarkat," ujarnya. (medcom)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad