Peran Keluarga dalam Pengembangan Literasi Membaca Anak - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Kamis, 09 Februari 2023

Peran Keluarga dalam Pengembangan Literasi Membaca Anak


Palangka Raya
, Anetry.Net
Keluarga merupakan lembaga pendidikan informal yang memiliki peran paling penting dalam pengembangan literasi karena keluarga, terutama ibu sebagai sekolah pertama bagi anak-anaknya yang akan sangat berpengaruh terhadap perilaku perkembangan anak tersebut dalam berliterasi.

 

Berkaca pada kepentingan itulah, Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah (BBPKT) mengadakan Gelar Wicara dengan Topik Semangat Literasi dari Keluarga. Gelar Wicara berlangsung secara hybird, bertempat di Hotel Aquarius Palangka Raya, Selasa (7/2) lalu. Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala BBKT Muhammmad Muis.

 

Hadir narasumber diantaranya Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispursip) Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) Nunu Andriani yang dalam hal ini diwakili Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Gemar Membaca Elahni Hajati dan Ketua Darma Wanita Persatuan (DWP) Kemdikbudristek Teti Aminudin Aziz.

 

Elahni Hajati dalam paparannya menyampaikan, bahwa Dispursip Kalteng saat ini sudah berusaha keras dalam berbagai program dan kegiatannya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dengan membawa Perpustakaan mewujudkan lima fungsi perpustakaan yaitu Pendidikan, Penelitian, Informasi, Pelestarian dan Rekreasi.

 

"Perpustakaan berbasis inklusi sosial dalam dua tahun terakhir ini sedang digiatkan, yaitu memberdayakan berbagai komunitas, termasuk ibu-ibu dalam keluarga untuk mendapatkan informasi keterampilan yang pada gilirannya menuju kesejahteraan," terang Elahni saat menyampaikan paparan Nunu Andriani.

 

Sementara itu, Teti Aminudin Aziz menegaskan dalam materinya yakni keluarga adalah pintu awal literasi anak berkembang. Budaya baca harus dimulai sejak dini dari keluarga, sekolah, masyarakat, dan pemerintah yang didukung juga oleh fasilitas perpustakaan untuk meningkatkan minat baca.

 

"Tentu saja perpustakaan berkontribusi besar dalam membangun masyarakat berpengetahuan untuk menumbuhkan tradisi dan budaya baca di dalam masyarakat," tegasnya.

Teti berharap, para peserta yang hadir terutama ibu-ibu untuk menularkan semangat literasi pada anak dgn memperhatikan tiga hal, yaitu : berorientasi pada perkembangan anak, berpusat pada anak dan menggunakan berbagai media dan sumber belajar dalam mendidik anak dari usia sedini mungkin.

 

Adapun para peserta diikuti oleh guru-guru Sekolah, Pegiat literasi dan unsur DWP Instansi dibawah koordinasi Kemdikbudristek Prov. Kalteng serta diikuti secara daring dari berbagai daerah di Indonesia. (infopublik)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad