Optimalisasi Komunitas Belajar Jawab Tantangan Globalisasi - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Rabu, 15 Februari 2023

Optimalisasi Komunitas Belajar Jawab Tantangan Globalisasi


Se
rdang Bedagai, Anetry.Net
– Demi menjawab tantangan era globalisasi dan perkembangan dunia pendidikan, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melaksanakan kegiatan pengembangan diri bagi guru jenjang Sekolah Dasar (SD) tahun 2023.

 

Kegiatan pengembangan diri guru tersebut digelar dengan tema "Implementasi Kurikulum Merdeka dengan Mengoptimalkan Komunitas Belajar". Acara ini dilaksanakan pada Senin, (13/2),  di Aula Pantai Wong Rame, Desa Kota Pari, Kecamatan Pantai Cermin.

 

Hadir dalam acara ini antara lain perwakilan Kepala Balai Besar Guru Penggerak Sumut, perwakilan Kepala Balai Penjamin Mutu Sumut, Ketua Dewan Pendidikan Sergai Drs. Sayuti Nur, M.Pd, Kadis Pendidikan Sergai Suwanto Nasution, S.Pd, MM, para Korwil, dan ribuan guru yang terdiri dari jenjang SD dan SMP se-Sergai. 

 

Dalam sambutannya, Wakil Bupati (Wabup) Sergai H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP, menekankan pentingnya kompetensi guru dalam membentuk anak-anak menjadi generasi yang cerdas, beradab, dan memiliki wawasan kebangsaan dan cinta tanah air.

 

“Tantangan para guru-guru saat ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kemajuan teknologi di era globalisasi membuat peraturan-peraturan dan pengetahuan dalam dunia pendidikan semakin cepat berubah. Oleh karena itu, para guru harus mengikuti perkembangan perkembangan tersebut,” jelas Adlin Tambunan.

 

Namun, menurutnya, tidak bisa dipungkiri bahwa segala pembangunan fisik sekolah, baik itu pembangunan jalan, drainase, atau pembangunan fasilitas lainnya, tidak akan bermanfaat jika anak-anak tidak bisa mendapatkan pendidikan yang baik dan benar.

 

Oleh karena itu, bagi Adlin pendidikan saat ini harus mengarahkan para siswa menjadi anak-anak yang berkarakter, mengetahui kompetensi dirinya, dan mengenali siapa mereka serta kemana arah tujuannya.

 

“Nilai raport dan prestasi akademis memang penting, namun lebih penting lagi bagi anak untuk mengetahui siapa diri mereka dan tujuan hidup mereka. Ini adalah tugas berat bagi para guru dan untuk itu kami mengakui bahwa para guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa,” ujar Wabup lagi.

 

Terakhir, Wabup menyampaikan jika ia mengucapkan terima kasih kepada para guru yang sudah begitu sabar dan tekun dalam membimbing anak-anak di Kabupaten Sergai.

 

“Kami yakin bahwa dedikasi dan usaha Bapak dan Ibu guru akan menjadi pahala yang baik. Terima kasih atas jasa dan kontribusi dalam pendidikan anak-anak kita,” tandasnya.

 

Kadis Pendidikan Sergai menekankan pentingnya menjalankan program yang dapat bermanfaat bagi para guru SD dan SMP di Sergai.

 

Ia mengatakan penting untuk meningkatkan kompetensi para guru di Sergai, karena peraturan dan pengetahuan setiap saat berubah.

 

“Saya berharap para guru dapat membuat program kerja yang efektif untuk meningkatkan mutu pendidikan, karena kunci keberhasilan pendidikan ada di tangan para guru,” pesannya.

 

Acara ini diikuti oleh 902 guru SD dan 465 guru SMP. Kegiatan juga dirangkaikan pelantikan kepengurusan kelompok kerja guru (KKG) Kabupaten Sergai. (infopublik)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad