Objek Wisata Seribu Goa Layak Jadi Pendukung Kawasan Wisata Danau Toba - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Minggu, 05 Februari 2023

Objek Wisata Seribu Goa Layak Jadi Pendukung Kawasan Wisata Danau Toba


Humbahas
, Anetry.Net
– Jika mengunjungi Kabupaten Humbang Hasundutan, salah satu destinasi wisata alam terkenal adalah Geosite Sipinsur yg terletak di dataran tinggi Humbahas lalu turun melewati wisata Panoguan Solu sampai ke Lembah Bakkara di pinggiran Danau Toba.

 

Namun sejatinya, Kabupaten Humbahas memiliki beragam obyek wisata yang tak kalah menarik dari kabupaten lain bahkan manca negara. Salah satunya adalah Seribu Goa di Lereng Gunung Pinapan yang terletak di Desa Banuarea, Kecamatan Pakkat, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatra Utara.

 

Ada sekitar 800 hingga 1.200 gua yang tersebar di sekitar lokasi. Meski belum ada penelitian resmi, namun diduga letusan dahsyat Gunung Toba yang menyebabkan ribuan gua itu tercipta. Tak hanya gua, ada pula air terjun yang cukup asri dengan air yang jernih. Tentu saja hal tersebut menambah eksotisme obyek wisata Seribu Gua.

 

Gemercik air terjun yang cukup jernih itu seakan memecah kesunyian alam yang dikelilingi oleh hutan hijau dan bebatuan berukuran raksasa. Di kejauhan, terdengar suara satwa bersahut-sahutan yang kian menambah keeksotisan wisata alam yang masih cukup genuine itu.

 


Berjalan sedikit meninggalkan air terjun lalu bertemu dengan gua maha dahsyat. Hamparan stalaktit dan stalakmit yang menggantung di langit-langit dan “tumbuh” di dasar gua seakan tersenyum menyambut kehadiran kita di sana. Sebuah sungai mengalir di sepanjang gua itu. Airnya dingin. Namun ajaibnya, sekalipun suhu airnya cukup rendah, dan ternyata masih ada ikan yang hidup di sana.

 

Dinding-dinding gua seperti diukir sedemikan rupa. Di dalam lorong gelap itu tersaji lanskap alam yang begitu elok. Panorama di dalam gua yang begitu memesona membuat waktu berlalu terasa begitu cepat. Di ujung gua itu, terdapat sebuah air terjun setinggi kurang lebih 10 meter. Di dalam gua ada air terjun. Sungguh menakjubkan!

 

Di karenakan Obyek wisata Seribu Gua yang menakjubkan seharusnya menjadi obyek pendukung kawasan Danau Toba sebagai destinasi wisata super Prioritas.

 

Obyek wisata Seribu Gua memiliki banyak atraksi yang bisa dinikmati. Tak hanya keindahan alam, ribuan gua, air terjun serta flora dan fauna menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang berkunjung yang  sensasi menikmati alam secara keseluruhan bagi wisatawan, ketenangan bisa kita dapatkan kala mengunjungi obyek wisata ini.

 

Wisata alam Seribu Gua ini akan bisa menjadi obyek pilihan yang bisa menambah panjang trip wisata bagi wisatawan yang akan mengunjungi Danau Toba.(Kontributor: Theo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad