Menjaga Kesehatan Mata, Ini Tipsnya untuk Pengguna Gawai - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Sabtu, 04 Februari 2023

Menjaga Kesehatan Mata, Ini Tipsnya untuk Pengguna Gawai


Jakarta, Anetry.Net
– Perkembangan teknologi membuat penggunaan gawai semakin tak terhindarkan. Kehadiran gawai kini begitu vital.

 

Namun, penggunaan gawai yang terlalu lama dapat menyebabkan Computer Vision Syndrome lho. Computer Vision Syndrome adalah gejala kelelahan pada mata.

 

Hal tersebut disebabkan karena mata melihat layar komputer dengan jarak tertentu terus-menerus. Efeknya, akan terjadi kekakuan pada otot mata, sehingga saat melihat ke arah jauh objek terlihat ganda atau buram.

 

Adapun penderita Computer Vision Syndrome akan mengalami gejala, seperti mata buram, nyeri kepala, iritasi mata, penglihatan menjadi ganda, serta mata merah, dan kering. Efek tersebut hanya terjadi sesaat, namun bakal berbahaya bila terus dibiarkan.

 

Nah, ada beberapa cara agar kalian terhindar dari Computer Vision Syndrome. Berikut cara menjaga kesehatan mata bagi pengguna gawai dikutip dari laman Ditsmp Kemdikbud:

 

1. Menjaga jarak pandang

Saat menggunakan gawai, pastikan tetap menjaga jarak pandang aman yakni sekitar 40-50 centimeter dari layar.Paparan cahaya yang diterima mata dari layar gawai dapat berkurang dengan menjauhkan mata dari layar gawai.

 

2. Mengurangi kecerahan layar

Selain menjaga jarak pandang, Sobat SMP dapat mengurangi tingkat kecerahan layar pada gawai yang sedang digunakan. Hal ini juga dapat membantu mata agar tidak cepat lelah akibat paparan cahaya dari layar gawai.

 

3. Menerapkan rumus 20-20-20

Cara lain agar terhindar dari Computer Vision Syndrome ialah dengan rumus 20-20-20 atau Rule of Twenty. Rule of Twenty yaitu menerapkan istirahat untuk mata selama 20 detik setelah melihat layar selama 20 menit dengan cara melihat benda berjarak 20 kaki atau sekitar 6 meter dari posisi mata kalian.

 

4. Relaksasi mata

Anda juga dapat merelaksasi mata dengan cara menggosok-gosok kedua tangan, lalu meletakkan hangatnya tangan di atas kelopak mata yang dipejam atau dengan memijat pelan kedua pelipis.

 

5. Membatasi durasi

 

Terpenting, meski telah melakukan hal-hal di atas, durasi penggunaan gawai tetap harus dibatasi. Durasi penggunaan gawai dapat dibatasi maksimal selama 2 jam, kemudian istirahat selama 10 menit sampai 15 menit.

 

Itulah tips menjaga kesehatan mata bagi kalian yang intens menggunakan gawai. Segera terapkan sebelum kalian menderita Computer Vision Syndrome. (medcom)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad