Banjir dan Rob Masih Menghantui Warga, Produksi Batik Turun 50 Persen - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Selasa, 28 Februari 2023

Banjir dan Rob Masih Menghantui Warga, Produksi Batik Turun 50 Persen


Pekalongan Kota, Anetry.Net
Banjir yang terus merendam Kota Pekalongan berdampak pada sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM), terutama batik dan konveksi.

 

Mereka mengeluh kegiatan produksi turun lebih dari 50 persen karena bencana.  Sejak sepekan terakhir, permukiman dan akses akses jalan menuju tempat produksi batik terendam banjir.

 

Banjir air tak kunjung surut bahkan diperparah datangnya rob. Ketinggian air saat ini masih sekitar 30-60 sentimeter, sehingga menyulitkan untuk aktivitas. 

 

Sebagian besar perajin batik berhenti total karena mengungsi. Namun ada juga yang bertahan untuk tetap membatik. Mereka membatik cap dan tulis dengan kain yang masih bisa diselamatkan karena tidak terendam banjir. 

 

“Kami hanya bisa produksi di bawah 50 persen dari biasanya,” kata salah satu perajin, Budi, Selasa (28/2) dikutip dari iNews. 

 

Cuaca yang tidak menentu membuat kerugian tak dapat ditolak. Para perajin merugi hingga jutaan rupiah akibat banjir dan rob. Padahal sebagian modal dari pinjam bank atau lembaga kredit lainnya.

 

Banjir terparah merendam Kelurahan Tirto dan Kelurahan Pasir Kramat Kraton, Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan.

 

Sedangkan di Kabupaten Pekalongan, banjir merendam Desa Jeruksari, Mulyorejo, Karangjompo, Tegaldowo, Pacar, Kecamatan Tirto. Sementara, ratusan warga saat ini masih mengungsi. (sumber: iNews)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad