Tips Menjaga Kata Sandi, Agar Terhindar dari Penjahat Siber - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Kamis, 05 Januari 2023

Tips Menjaga Kata Sandi, Agar Terhindar dari Penjahat Siber


Pekalongan, Anetry.Net
– Ancaman penjahat siber terhadap keamanan siber akan terus ada bahkan mungkin terus berkembang dan semakin berbahaya. Apalagi dengan meningkatnya penggunaan teknologi digital di masyarakat.

 

Kata sandi atau password, bisa menjadi jalan pintas ke kehidupan seseorang. Ini adalah alat kerja yang sangat penting, serta bisa menjadi barang dagangan yang dapat dijual.

 

Menurut perusahaan keamanan siber Kaspersky, dengan mengetahui kata sandi, penjahat siber tidak hanya dapat memperoleh akun, data, uang, dan identitas pribadi. Mereka juga bisa memanfaatkan korban sebagai rantai lemah untuk menyerang teman online, kerabat, atau bahkan perusahaan tempat korban bekerja atau yang ia miliki.

 

Mengutip keterangan tertulisnya, Rabu (4/1), Kaspersky pun memberikan beberapa tips untuk melindungi akun online dari akses yang tidak diinginkan.

 

Yang pertama harus dilakukan adalah selalu ingat kebersihan kata sandi:

- Jangan menggunakan kembali kata sandi yang sama untuk beberapa akun;

- Buat kata sandi Anda panjang dan kuat dan simpan dengan aman;

- Mengubahnya segera setelah mendengar berita pertama tentang pelanggaran data di layanan atau situs web yang Anda gunakan;

- Gunakan perangkat lunak pengelola kata sandi untuk membantu semua tugas tersebut;

- Kaspersky juga menyarankan menggunakan aplikasi untuk memonitor keamanan semua password secara real-time. Bahkan, terdapat juga layanan untuk mengecek apakah benar terjadi kebocoran atau tidak.

 

Selain itu, ada beberapa saran tambahan dari Kaspersky yang bisa dilakukan oleh pengguna layanan daring, untuk mencegah terjadinya pengambil alihan akun online:

 

1. Aktifkan autentikasi dua faktor jika memungkinkan. Ini memberikan lapisan keamanan tambahan dan akan mencegah peretas mengakses akun, bahkan jika seseorang berhasil mendapatkan login dan kata sandi Anda.

 

2. Siapkan jejaring sosial untuk privasi yang lebih baik. Ini akan membuat lebih sulit untuk menemukan informasi tentang Anda, dan karenanya mempersulit penggunaan kamus brute force untuk menyerang akun Anda.

 

3. Berhenti membagikan informasi pribadi secara berlebihan, meskipun hanya dapat dilihat oleh teman. Teman hari ini dapat menjadi musuh esok harinya. (liputan6)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad