Kata Nadiem, “Saya Tidak Mau Guru Direpotkan oleh Pengawas” - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Selasa, 10 Januari 2023

Kata Nadiem, “Saya Tidak Mau Guru Direpotkan oleh Pengawas”


Jakarta, Anetry.Net
Mendikbudristek Nadiem Makarim menyentil kerja pengawas sekolah yang tidak bisa membantu dalam IKM.

 

Hal itu disampaikan Nadiem karena mendapat banyak keluhan dari Guru Penggerak di Sulawesi Utara lantaran pengawas tidak mengerti pekerjaannya.

 

"Banyak Guru Penggerak kerjaannya agak susah karena banyak pengawas yang tidak mengerti pekerjaannya. Ini adalah tanggung jawab kepala dinas untuk mendobrak dan tentunya LPM kita membantu, mereka enggak akan jalan sendiri. Mohon dimengerti kalau masih banyak pengawas yang memblokir tolong dibilang, Mas menteri bilang kalau enggak mau bantu tolong menyingkirkan diri," kata Nadiem.

 

Nadiem meminta pengawas yang tidak mengerti soal IKM agar belajar lebih dulu. Pengawas diminta belajar dan bertanya kepada kepala dinas pendidikan.

 

"Ajak ngobrol Guru Penggerak, beli kopi, ngobrol dua jam dijelasin. Baru setelah belajar, apa yang mau dilakukan oleh Guru Penggerak di masing-masing  komunitas. Itu baru peran pengawas adalah mendukung beru mengawasi. Mendukung itu nomor satu, baru mengawas," tutur Nadiem.

 

Selanjutnya, kata dia, pengawas mesti membantu kepala sekolah melaksanakan perubahan. Dia juga meminta kepala dinas berkomunikasi dengan pengawas.

 

"Saya enggak mau dengar Guru Penggerak kita diblokir, saya enggak mau Guru Penggerak dihambat, direpotkan oleh pengawas. Yang saya mau dengar dari pengawas, apa yang bisa saya lakukan pada Guru Penggerak, apa yang bisa saya bantu, itu yang ingin saya dengar," tegas Nadiem. (medcom)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad