Infrastuktur Pendidikan Tahan Bencana Perlu Jadi Perhatian dan Mendesak - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Selasa, 17 Januari 2023

Infrastuktur Pendidikan Tahan Bencana Perlu Jadi Perhatian dan Mendesak


Jakarta
, Anetry.Net
 – Peneliti Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) Nadia Fairuza menyebut pembangunan infrastruktur pendidikan tahan bencana perlu menjadi perhatian pemerintah dan mendesak. Sebab, kondisi geografis Indonesia rentan bencana alam.

 

Dia mencontohkan pada 21 November 2022, gempa berkekuatan 5,6 M menghantam Cianjur yang diikuti ratusan gempa susulan dengan skala lebih kecil. Beberapa minggu kemudian, gempa berkekuatan 6,4 M kembali menghantam Jawa Barat, tepatnya di wilayah  Garut.

 

Pada awal Desember tahun lalu contohnya, Gunung Semeru di Jawa Timur mengalami erupsi dan menyebabkan ribuan penduduk terpaksa mengevakuasi diri.

 

“Berbagai kasus kerusakan bangunan sekolah di atas memperlihatkan bahwa ada persoalan serius dalam penanganan infrastruktur sekolah, baik dari segi kualitas bangunan hingga  respon pemerintah dalam menangani bangunan sekolah rusak,” kata Nadia dalam keterangan tertulis, Senin (16/1).

 

Ia menuturkan, berdasarkan kajian BNPB dan Bank Dunia, sebanyak 75 persen sekolah di Indonesia berada di lokasi rawan bencana. Nadia menegaskan sudah seharusnya pembangunan infrastruktur sekolah tahan bencana menjadi prioritas di Indonesia.

 

Nadia menilai belum ada mekanisme pemeliharaan gedung sekolah efektif yang disesuaikan dengan tingkat kerusakan dengan memperhatikan prinsip-prinsip ketahanan bencana. Dia menyebut dengan pemeliharaan gedung sekolah rutin, biaya rehabilitasi gedung sekolah akan lebih terjangkau dibandingkan dengan pembiayaan rehabilitasi gedung yang rusak berat.

 

Nadia menuturkan rusaknya gedung sekolah berdampak buruk pada proses pembelajaran dan pencapaian akademik siswa dan dapat menghilangkan akses siswa terhadap fasilitas pendukung pembelajaran, seperti laboratorium, ruang kelas, sanitasi memadai, hingga akses perangkat teknolog. Rusaknya gedung sekolah juga mengancam keselamatan warga sekolah.

 

Selain itu, di tengah-tengah upaya pemerintah dalam proses pemulihan pasca pandemi, kerusakan gedung sekolah dapat mendisrupsi kegiatan belajar mengajar dan penanggulangan learning loss hingga meningkatkan angka putus sekolah.

 

Nadia menyebut rehabilitasi bangunan sekolah yang merata juga mendesak karena kondisi geografis Indonesia rentan bencana alam. Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) juga telah berulang kali mengingatkan terkait potensi bencana, seperti banjir, cuaca ekstrem, dan tanah longsor akibat peralihan ke musim penghujan di hampir semua provinsi di Indonesia.

 

“Mempertimbangkan kondisi geografis Indonesia, perlu adanya penekanan pada mekanisme pembangunan dan rehabilitasi sekolah yang berorientasi tahan bencana sebagai salah satu upaya mencapai pendidikan yang resilien,” papar Nadia. (medcom/Ilustrasi: pngtree)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad