Alasan Orang Menulis; antara Sebab dan Tujuan - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Senin, 02 Januari 2023

Alasan Orang Menulis; antara Sebab dan Tujuan


Anetry.Net
Setiap hari, bahkan dari bangun tidur hingga menjelang tidur kembali, setiap manusia melakukan aktivitas menulis.

 

Dunia gadget dan media sosial yang kadang memiliki dampak negatif pada berbagai kondisi, adalah ruang menulis bagi setiap orang dewasa ini. Menulis komentar, menjawab komentar, chatting via aplikasi berbalas pesan seperti WhatsApp, Telegram, Twitter, Instagram, dan aplikasi-aplikasi digital lainnya yang bisa digunakan untuk berkomunikasi dua arah, menjadi ajang menulis bagi penggunanya.

 

Dengan begitu dapat dipahami, menulis bukanlah aktivitas tertentu saja, namun secara umum berlaku pada setiap proses manusia berkomunikasi dengan pihak lain.

 

Bila diarahkan pada makna menulis yang sesungguhnya, maka di sini dapat diuraikan bahwa menulis adalah aktivitas yang mengedepankan hasil pemikiran, dapat dibaca orang lain berupa ide, gagasan dan semua hal tentang pendapat atau opini, maupun kajian-kajian secara ilmiah dan karya sastra berupa kisah dan cerita.

 

Dalam suatu diskusi kepenulisan, seorang sahabat bertanya tentang bagaimana munculnya karya tulis dari setiap penulis? Dan jawaban untuk itu adalah, ada dua hal yang dapat dijadikan jawaban untuk pertanyaan tertsebut.

 

Jawaban pertama, seseorang menulis adalah karena sebab. Banyak orang melahirkan karyanya karena suatu latar belakang, baik masa lalu, pengalaman pribadi atau orang lain, dan masih banyak hal lain yang dikategorikan sebagai sebab. Penulis yang lahir karena sebab, bisa jadi adalah penulis yang muncul sebagai bentuk tumpahan rasa, penuangan pengalaman dalam bentuk cerita dan kisah.

 

Jawaban kedua, seseorang menulis adalah karena tujuan. Pola penulisan disebabkan tujuan, adalah alasan seseorang melahirkan karyanya. Penulis yang berasal dari alasan ini, adalah penulis yang berkaitan karena profesi, atau menulis yang sudah menjadi profesi. Sebagai contoh, wartawan menulis berita, guru menulis penelitian tindakan, dosen menulis laporan penelitian, mahasiswa menulis skripsi, tesis dan disertasi.

 

Lalu bila seseorang yang ingin menulis dan menghasilkan karya, apakah harus memilih salah satu dari dua alasan tersebut? Tentunya tidak, karena setiap penulis memiliki talenta dan bakatnya sendiri terhadap bagaimana ia menghasilkan karya tulis. Bisa jadi seseorang lebih memilih untuk menulis berdasarkan sebab saja, atau karena profesinya seseorang akan menulis karena tujuan. Keduanya tidak ada yang lebih baik atau lebih buruk, keduanya sama, setara.

 

Namun, bagi penulis yang menghasilkan karyanya dikarenakan sebab, maka ide dan gagasan akan habis termakan waktu. Sementara bagi mereka yang menulis dikarenakan tujuan, gagasan dan ide akan terus hidup.

 

Nah, anda memilih yang mana? Bila memilih keduanya, maka anda akan menjadi penulis hebat karena dapat menyatukan dua alasan yang bagi sebagian orang menjadi rumit untuk dipadukan. (*)

 

Penulis: Nova Indra (Owner Jurnal Ilmiah Nasional, Jurnalis, Writer)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad