Arah Pengembangan Kompetensi ASN di Lingkungan Kemdikbudristek - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Jumat, 23 Desember 2022

Arah Pengembangan Kompetensi ASN di Lingkungan Kemdikbudristek


Jakarta
, Anetry.Net
Melalui aplikasi Wiyata Kinarya Merdeka Belajar (WKMB), ASN di lingkungan Kemdikbudristek diharapkan menjadi seorang pemelajar sepanjang hayat.

 

Selain itu, juga diharapkan mampu berperan aktif meningkatkan kompetensi dan kinerjanya. Tujuannya agar ASN dapat memberikan layanan terbaik kepada masyarakat untuk mencapai visi serta misi organisasi.

 

Hal ini disampaikan Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kepegawaian Kemdikbudristek, Mustangimah dalam webinar bertajuk ‘Arah dan Strategi Pengembangan Kompetensi’, pada Selasa (20/12).

 

Mustangimah menyampaikan, WKMB adalah strategi pengembangan kompetensi ASN Kemendikbudristek dengan pengintegrasian seluruh daya dalam rangka meningkatkan kinerja organisasi.

 

“Hal ini tentu melalui pengembangan pengetahuan, kecakapan, dan sikap setiap individu dalam ekosistem merdeka,” ujar Mustangimah.

 

Ada dua hal yang melatarbelakangi WKMB, lanjut Mustangimah, yaitu jumlah ASN di lingkungan Kemendikbudristek yang mencapai 124.049 orang dan adanya kebutuhan pengembangan kompetensi dan peningkatan kinerja organisasi.

 

“Tentu ini jadi tantangan kita di Kemdikbudristek untuk mewujudkan SDM unggul,” tuturnya.

 

Mustangimah melanjutkan, tujuan dari WKMB adalah meningkatkan kinerja Kemdikbudristek melalui pengembangan kompetensi ASN.

 

“Keluaran yang diharapkan dari aplikasi ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, kecakapan, dan sikap ASN Kemdikbudristek yang pada akhirnya dapat meningkatkan kinerja ASN dan organisasi Kemdikdburistek dan terwujudnya SDM unggul,” paparnya.

 

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Biro Sumber Daya Manusia, Kemdikbudristek, Dyah Ismayanti menyampaikan salah satu indikator dari core ASN yaitu berakhlak adalah kompeten.

 

Kompeten itu, lanjut Dyah adalah meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah, membantu orang lain belajar, dan melaksanakan tugas dengan kualitas terbaik.

 

“Ini menjadi hal penting dalam hal bagaimana ASN kementerian harus memang kompeten dalam melaksanakan tugas sehari-hari,” demikian disampaikan Dyah. (SP)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad