Terima Forum Penggerak Sains, Komisi X Dukung Pemajuan Dunia Sains Indonesia - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Jumat, 18 November 2022

Terima Forum Penggerak Sains, Komisi X Dukung Pemajuan Dunia Sains Indonesia


Jakarta, Anetry.Net
 – Komisi X DPR RI terima masukan dari Forum Penggerak Sains, di antaranya PPPPTK membentuk organisasi mitra sains (OMS) untuk memajukan dunia sains Indonesia.

 

Perubahan PPPPTK IPA menjadi Balai Besar Guru Penggerak, mengusulkan agar adanya lembaga yang dibentuk khusus untuk mewadahi forum penggerak sains dan meminta agar pengembangan kompetensi guru dan tenaga kependidikan mendapat perhatian serta persiapan menghadapi 'Expo Sciences 2024'.

 

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Abdul Fikri Faqih mengatakan, pihaknya akan mempertimbangkan dan memperjuangkan tuntutan dari Forum Penggerak Sains untuk selanjutnya dirapatkan bersama-sama dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

 

“Hari ini kita mendegarkan aspirasi forum penggerak sains nantinya akan kita bawa masukannya kedalam rapat bersama Menteri terkait,” pungkasnya saat RDPU dengan Forum Penggerak Sains di Gedung Parlemen, Jakarta, Selasa (15/11) lalu.

 

Ia menyoroti kebijakan merdeka belajar yang dipastikan mampu meningkatkan mutu pendidikan sains. Komisi X akan meninjau kembali kebijakan merdeka belajar agar memiliki tata kelola pembinaan tenaga pendidik, melibatkan partisipasi organisasi sains yang lebih luas dan perubahan PPPPTK menjadi BBGP. Kemudian mempertimbangkan untuk adanya lembaga seperti STEM yang secara khusus mengelola guru sains untuk jauh lebih berkembang.

 

Komisi X juga akan mendesak pemerintah untuk memberikan perhatian kepada guru dan tenaga kependidikan sains berupa penguatan pengembangan kompetensi dan kejelasan pembinaan karir pendidk dan tenaga pendidik sains. Kemudian mendorong Kemdikbutristek RI untuk mendukung pelaksanaan 'Expo Sciences 2024' yang direncanakan diselenggarakan di Provinsi Bali.

 

“Jadi itu tanggapan dari kami untuk kemudian sisanya disampaikan secara tertulis,” imbuhnya. (parlmentaria/Foto: Oji/Man)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad