Siap Diangkat Jadi Kepala Sekolah, Nova: Sudah Matangkah Mutu Guru Penggerak? - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Sabtu, 19 November 2022

Siap Diangkat Jadi Kepala Sekolah, Nova: Sudah Matangkah Mutu Guru Penggerak?


Padang, Anetry.Net
– Mendikbudristek Nadiem Makarim meminta guru penggerak diberikan prioritas untuk diangkat sebagai kepala sekolah.

 

Hal itu disampaikannya saat dialog Penggerak di Kota Padang, Sumatra Barat, Kamis (17/11) kemarin. “Bapak Kepala Dinas (Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatra Barat), kami butuh sekali bantuan agar guru-guru penggerak ini tahun depan semua diangkat menjadi kepala sekolah dan pengawas,” ujar Nadiem.

 

"Kita berikan mereka posisi sebagai pemimpin supaya bisa membuktikan dan mendorong gerakan transformasi pendidikan," katanya.

Nadiem menambahkan jika umur seseorang itu tidak berkaitan dengan kemampuan memimpin, begitu pula dengan latar belakang seseorang. “Jangan takut menjadi pemimpin di usia muda. Coba dulu. Kalau gagal, ya, kemudian coba lagi dan lakukan perubahan dengan bersama-sama,” ujarnya.

 

Permintaan Nadiem tersebut sejatinya memberikan ruang bagi seluruh Guru Penggerak untuk mendapatkan peluang lebih baik. Namun, tentunya perlu dilakukan penelitian lebih jauh terkait dengan kualitas yang disebut oleh Nadiem.

 

Mencermati hal itu, Nova Indra, CEO Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (P3SDM) Melati mengatakan, perlu pembuktian lebih lanjut terkait dengan kualitas Guru Penggerak yang disebut Nadiem menjanjikan tersebut.

 

“Jangan asal saja, mentang-mentang sudah menjadi Guru Penggerak, lalu daerah mengangkat mereka menjadi kepala sekolah, kita lihat dulu sejauhmana kualitas personal yang bersangkutan. Memimpin bukan persoalan karena sudah menjadi Guru Penggerak saja, banyak hal di belakangnya yang harus menjadi pertimbangan,” demikian ungkap Nova saat dihubungi media ini melalui sambungan telepon, Sabtu (19/11).

 

Nova menjelaskan, kita di negeri ini tidak antipati terhadap perubahan, namun yang menjadi tujuan adalah persoalan mutu pendidikan. Jangan asal mengangkat tanpa tahu kualitas yang diangkat.

 

“Kita yakin, ada sesuatu yang lebih dari pendidikan guru penggerak, namun itu saja tentunya belum cukup menjadi alasan utama sebagai bahan pertimbangan menempatkan seseorang pada posisi kepala sekolah,” tegasnya.

 

Ia menilai, pemerintah daerah perlu menyikapi dengan bijak permintaan Nadiem Makarim itu. “Dunia pendidikan saat ini sedang menuju era digital yang diinginkan pemerintah semakin berkembang. Dan kita juga sama-sama tahu, tidak semua Guru Penggerak mampu mengembangkan digitalisasi ini, ini perlu disikapi,” pungkasnya. (at)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad