Kemenag Gelar Rangkaian Kegiatan Peringati HGN 2022 - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Kamis, 17 November 2022

Kemenag Gelar Rangkaian Kegiatan Peringati HGN 2022


Jakarta, Anetry.Net
– Hari Guru Nasional (HGN) diperingati setiap 25 November. Tahun ini, peringatan HGN Kementerian Agama mengangkat tema “Berinovasi Mendidik Generasi”. 

 

Direktur Jenderal Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdhani menjelaskan,tema peringatan HGN 2022 mengandung beberapa makna. Kata “berinovasi” mengandung pesan keluwesan dalam menyikapi atau menghadapi kondisi, tercakup juga menyelaraskan teks dan konteks tanpa meninggalkan esensi. 

 

Menurutnya, pandemi Covid 19 yang melanda seluruh dunia menyebabkan hampir seluruh sektor terkena dampak, tidak terkecuali dunia pendidikan. Sementara proses pendidikan harus tetap berjalan untuk memastikan bahwa para generasi unggul bangsa Indonesia harus tetap terpenuhi haknya dengan mendapatkan pendidikan terbaik. 

 

"Tenaga pendidik dituntut untuk mampu memberi dan menjadi solusi dengan melakukan inovasi, karena inovasi adalah sebuah kebutuhan dan keharusan di era kebiasaan baru," tegasnya di Jakarta, Kamis (17/11).

 

Kalimat “mendidik generasi” memberi pesan tentang tanggung jawab bersama yang berkesinambungan untuk mempersiapkan SDM unggul di masa mendatang. Tidak hanya memahami dan menguasai pengetahuan, melainkan harus diimbangi dengan implementasi nyata yang berjalan beriringan dengan etika. 

 

"Karena inti dari pendidikan adalah mewujudkan generasi unggul dengan pengetahuan yang beretika," jelasnya.

 

Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Muhammad Zain, menambahkan peringatan HGN Kemenag tahun 2022 dirangkai dengan sejumlah kegiatan. Pertama, upacara bendera pada 25 November 2022 yang digelar serentak di pusat dan daerah.

 

Kedua, Madrasah Expo untuk memberi ruang aktualisasi atas inovasi dan kreativitas Madrasah Plus Keterampilan dan Kejuruan. Ketiga, launching buku Guru Madrasah Mendulang Prestasi, Buku Integrasi Moderasi Beragama dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Isla. (PAI).

 

Keempat, Launching Superapp/Aplikasi PUSAKA agar guru dapat lebih mudah dalam memanfaatkan Big Data. Kelima, International Conference tentang Guru dan Tenaga Kependidikan. Keenam, Guru Madrasah Menulis. Dan ketujuh, Lomba Foto dan Short video pembelajaran.

 

"Peringatan HGN Kemenag Tahun 2022 juga dimeriahkan dengan beberapa kegiatan dalam rangka memberikan apresiasi kepada Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah yang berprestasi, inspiratif, inovatif, dan dedikatif," tandasnya.

 

Informasi lengkapnya bisa klik https://bit.ly/anugerahgtkmadrasah2022. (kemenag)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad