Perlunya Strategi untuk Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Secara Optimal - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Kamis, 06 Oktober 2022

Perlunya Strategi untuk Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Secara Optimal


Yogyakarta, Anetry.Net
– Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) perlu adanya strategi untuk melaksanakan secara optimal.

 

Hal itu disampaikan oleh Kepala Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Adi Wijaya, dalam webinar yang dilaksanakan BBGP DIY (6/10).

 

Adi mengatakan, ada 6 strategi yang digunakan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) pada pelaksanaan IKM, salah satunya yakni melalui webinar yang perlu diselenggarakan secara rutin. 

 

"Adanya kegiatan webinar itu perlu, dalam rangka menambah wawasan bersama terkait IKM dan kurikulum Merdeka," ujar Adi, dalam sambutannya. 

 

Pada kesempatan itu, pihaknya menyelenggarakan Webinar dengan tema Mendesain dan Menilai Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. 

 

"Tentunya di dalam pelaksanaan kurikulum merdeka ini, BBGP DIY akan terus berusaha secara rutin mengadakan semacam webinar untuk menambah wawasan kita bersama," jelasnya. 

 

Ia menyebut, BBGP DIY juga tentunya akan menghadirkan narasumber yang kompeten di bidangnya. Sehingga para peserta dan Tenaga pendidik dapat mengambil manfaat dari kegiatan tersebut. 

 

Menurutnya, bagi sekolah yang melaksanakan Kurikulum Merdeka secara mandiri, tentu juga melaksanakan Project penguatan profil pelajar Pancasila. Sehingga, pihaknya berharap bisa memberikan pengetahuan bagi peserta didik, untuk mengalami proses penguatan karakter dan membentuk pembelajaran dari lingkungan sekitar.

 

"Peserta didik diberikan kesempatan mempelajari dengan penyesuaian lingkungan sekolah. Ini juga diharapkan menginspirasi para peserta didik agar dapat berkontribusi bagi lingkungan sekitar," harapnya.

 

Adi menambahkan, kegiatan webinar ini dapat menjadi sarana optimal yang mendorong peserta didik menjadi pelajar sepanjang hayat, yang kompeten dan  berkarakter. Pembelajaran yang ada juga bisa memberikan solusi terhadap permasalahan lingkungan sekitar, serta menguatkan berbagai kompetensi yang berada dalam project penguatan profil pelajar pancasila. (BBGP)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad