Pengamat: Seharusnya Antrean Sertifikasi PPG Tak Sampai 20 Tahun - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Rabu, 12 Oktober 2022

Pengamat: Seharusnya Antrean Sertifikasi PPG Tak Sampai 20 Tahun


Jakarta
, Anetry.Net Mendikbudristek Nadiem Makarim menyebut sertifikasi PPG membuat guru terlambat menerima Tunjangan Profesi Guru (TPG).

 

Bahkan, sebut orang nomor satu di Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi itu, antrean sertifikasi PPG bisa memakan waktu hingga 20 tahun.

 

Hal itu dibuktikan dengan 1,3 juta guru yang sudah tersertifikasi. Pengamat pendidikan Doni Koesoema menyebut hal itu harusnya tidak terjadi.

 

"Seharusnya kan, UU itu 10 tahun setelah diundangkan UU Guru dan Dosen itu semuanya harus tersertifikasi," ujar Doni dalam siaran Youtube Pendidikan Karakter, dikutip Selasa (11/10).

 

Bahkan, kata dia, proses sertifikasi bisa lebih cepat. Asal, pemerintah mampu membuat inovasi dalam sertfikasi.

 

"Kalau gurunya itu sekitar 3 juta, ya berarti seharusnya, setiap tahun itu sekitar 300 ribu guru yang harus disertifikasi. Tetapi kan pemerintah tidak memiliki inovasi, pemerintah buntu pikirannya untuk memberikan yang terbaik untuk mengembangkan sertifikasi guru-guru ini," ujar dia.

 

Doni menyesalkan tidak ada perubahan dalam sertifikasi. Terlebih, pemerintah malah menghapus sertifikasi PPG untuk mendapat Tunjangan Profesi Guru (TPG) dalam RUU Sisdiknas.

 

"Jadi, jangan keliru, yang tidak mampu bertanggung jawab menyelesaikan masalah itu pemerintah, loh kok pemerintah usul aturannya dicabut. Di mana tanggung jawabnya? Itu kan jadi masalah sebenarnya," ujar Doni. (sumber: medcom)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad