Marak Informasi Menyesatkan, Warga Perlu Tingkatkan Literasi - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Kamis, 20 Oktober 2022

Marak Informasi Menyesatkan, Warga Perlu Tingkatkan Literasi


Pekalongan, Anetry.Net
Hidup itu harus cerdas, Karena itu perlu asupan yang tepat dan menyehatkan.

 

Seperti pemberitaan yang sering muncul di media, baik cetak maupun online, tidak dapat ditelan mentah-mentah dan menjadi acuan bagi kelangsungan hidup di keseharian. Butuh cek dan ricek, butuh tabayyun agar tidak salah memahami.

 

Hal itu disampaikan oleh Nova Indra, CEO Pusat Pengkajian dan Pengembagan Sumber Daya Manusia (P3SDM) Melati saat bincang-bincang dengan redaksi Anetry.Net, Kamis (20/10).

 

Ia mengatakan, segala bentuk informasi yang beredar di tengah masyarakat, tidak semuanya bisa dijadikan acuan untuk membentuk paradigma.

 

“Kita butuh lebih dari sekadar membaca. Butuh kepiawaian dalam memahami literasi informasi yang kini kian pesat,” terangnya.

 

Ia melanjutkan, banyak berita-berita yang datang silih berganti di negeri ini, yang kadang malah membuat masyarakat menjadi ‘taklid’, mengikut tanpa tahu dasar yang jelas.

 

“Literasi digital di zaman maju, harus diikuti kemauan masyarakat untuk lebih peka terhadap informasi yang berkembang. Contoh, ada kasus gagal ginjal yang ditemukan pada banyak anak di negeri ini, namun kadang masyarakat malah menyamaratakan informasi. Bahkan ada yang tidak lagi mau beli obat di apotek karena takut,” katanya.

 

Hal tersebut, sambungnya, harus dijadikan patokan bahwa tingkat literasi informasi masyarakat kita harus digenjot hingga ke tahap yang lebih sehat.

 

“Jangan sampai segala informasi ditelan mentah-mentah tanpa tahu dasar yang jelas,” tegasnya. (at) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad