Lokakarya Pendidikan Etika, Ruang Dialog Paradigma Guru - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Selasa, 04 Oktober 2022

Lokakarya Pendidikan Etika, Ruang Dialog Paradigma Guru


Yogyakarta
, Anetry.Net
Kemdikbudristek saat ini tengah melakukan transformasi pendidikan Indonesia melalui kebijakan Merdeka Belajar.

 

Capaian yang diharapkan dari kebijakan ini adalah terbentuknya Profil Pelajar Pancasila yang memiliki enam kompetensi, yaitu beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia; berkebinekaan global sebagai kompetensi antarbudaya dalam konteks global; gotong royong; kreatif; berpikir kritis; dan mandiri.

 

“Tantangannya adalah bagaimana merancang kurikulum kita untuk memberi ruang dialog dan keterlibatan serta mengubah pola pikir kepala sekolah, guru, dan tenaga kependidikan,” ujar Kepala Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan, Kemdikbudristek, Anindito Aditomo dalam Lokakarya Regional Pendidikan Etika di Yogyakarta.

 

Sementara itu Direktur Guru Pendidikan Dasar Rachmadi Widdiharto meyakini, acara lokakarya ini akan menjadi kesempatan berharga bagi seluruh peserta dalam berbagi pengalaman tentang pentingnya rasa kebersamaan, rasa hormat, serta empati lintas perbedaan.

 

“Program Fellowship ini diharapkan mampu mengubah pola pikir kita menjadi agen perubahan, sehingga semangat, nilai-nilai dalam pendidikan etika, dapat disebarkan kepada guru-guru lainnya di negara Anda, dan menjadi inspirasi bagi siswa-siswi kita, dan pada akhirnya kita akan menciptakan perdamaian dunia,” tutur Rachmadi.

 

Rachmadi juga mengucapkan terimakasih kepada mitra Program Arigatou Fellowship yang telah mempercayakan Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggaraan lokakarya pendidikan etika.

 

“Saya berharap Anda dapat menikmati kota Yogyakarta dengan budaya, seni, candi bersejarah, tarian, dan kulinernya yang juga akan menjadi bagian dari perjalanan Anda di Indonesia,” imbuhnya.

 

Pada Lokakarya Regional Pendidikan Etika di Yogyakarta itu, Indonesia mengirimkan empat peserta yang telah melaksanakan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Setelah pelatihan ini, setiap peserta akan melatih minimal 30 guru di sekitarnya. (SP)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad