Langkah Strategis Kantor Bahasa NTB Kerjasama dengan Lembaga Lokal - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Sabtu, 01 Oktober 2022

Langkah Strategis Kantor Bahasa NTB Kerjasama dengan Lembaga Lokal


Mataram
, Anetry.Net  –  Kantor Bahasa Provinsi Nusa Tenggara Barat melaksanakan upaya dan langkah strategis bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat.

 

Kerjasama itu diimplementasikan melalui penyelenggaraan kegiatan Pendampingan Pembinaan Lembaga dalam Rangka Pengutamaan Bahasa Negara di Ruang Publik dan Dokumen Lembaga di Provinsi NTB dengan menyasar 60 Organisasi Perangkat Daerah  di lingkup Provinsi NTB.

 

Kegiatan yang berlangsung mulai dari selama tiga hari sejak Senin hingga Rabu (26-28/9) tersebut, dilaksanakan di Aula Graha Bakti Praja, Provinsi Nusa Tenggara Barat dan dihadiri oleh 230 peserta dari berbagai jajaran instansi atau lembaga.

 

Pada kegiatan pembukaan, Selasa (27/9), ditampilkan tari kreasi ketam bulan yang berasal dari Sumbawa. Tari kreasi tersebut merupakan persembahan Duta Bahasa Provinsi Nusa Tenggara Barat yang menggambarkan semangat dan keteguhan para pemuda dalam membangun bangsa.

 

Sebagai bentuk dukungan dan apresiasi atas terselenggaranya kerja sama baik dalam kegiatan ini, Kepala Badan Bahasa Kemdikbudristek hadir membuka kegiatan dan menyampaikan materi “Bahasa Negara di Ruang Publik”.

 

Sementara itu, Kepala Kantor Bahasa Provinsi Nusa Tenggara Barat, Puji Retno Hardiningtyas menyampaikan, kegiatan ini diselenggarakan atas kerja sama Kantor Bahasa Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat.

 

Kegiatan itu, kata Puji, perlu dilakukan mengingat pengutamaan bahasa negara bukan hanya tugas Kantor Bahasa Provinsi Nusa Tenggara Barat tetapi juga seluruh pegawai yang bertugas di daerah.

 

“Kita harus bergandengan tangan untuk menertibkan bahasa negara di ruang publik. Merawat bangsa adalah tugas bersama,” ujarnya menekankan pengutamaan bahasa Indonesia di ruang publik.

 

Dalam laporannya ia menegaskan, pemerintah daerah perlu bangga dan mengutamakan bahasa negara di ruang publik. Jangan sampai ruang publik kita lebih banyak penggunaan bahasa asing dibandingkan bahasa Indonesia.

 

Selanjutnya, sambung Puji, pihaknya berharap pemerintah daerah mampu melestarikan bahasa daerah sebagai bentuk dukungan secara nasional terhadap upaya pelaksanaan Revitalisasi Bahasa Daerah yang dilakukan oleh Kemdikbudristek.

 

Selain itu, masih kata Puji, pemerintah daerah dan Kantor Bahasa Provinsi Nusa Tenggara Barat perlu bekerja sama dalam menertibkan penggunaan bahasa asing demi diutamakannya penggunaan bahasa Indonesia dan bahasa daerah seperti slogan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, yaitu Trigatra Bangun Bahasa.

 

Hasil akhir dari kegiatan ini akan dirangkaikan dengan kegiatan Lomba Wajah Bahasa Negara di Ruang Publik. (sumber: kemdikbud)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad