Jaga Kelestarian, Penggunaan Bahasa Daerah di Sekolah Bisa Jadi Pilihan - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Rabu, 12 Oktober 2022

Jaga Kelestarian, Penggunaan Bahasa Daerah di Sekolah Bisa Jadi Pilihan


Jakarta, Anetry.Net
– Upaya untuk menjaga dan merawat bahasa daerah tengah dilakukan.

 

Salah satu strategi yang bisa jadi pilihan adalah memperbolehkan penggunaan bahasa daerah dalam penyampaian materi ajar.

 

"Digunakan misalnya dalam penyampaian materi di sekolah dasar tingkat pertama sampai ketiga," ujar Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemdikbudristek Aminudin Azis dalam taklimat media bersama Fortadikbud, Minggu lalu.

 

Dia mengungkapkan strategi tersebut telah dibahas pihaknya dengan Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) serta Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK).

 

Menurutnya, di beberapa daerah tertentu, penggunaan bahasa ibu oleh siswa cukup kuat sehingga dianggap akan lebih efektif dalam menjaga bahasa daerah. “Sekarang tinggal penyediaan gurunya," tutur dia.

 

Aminudin menyebut pengajar bahasa daerah bisa juga mengandalkan pegiat bahasa daerah. Sementara itu, untuk gaji bisa juga memanfaatkan dana BOS.

 

"Bisa direkrut oleh sekolah dan mereka dibayar melalui dana bantuan operasional sekolah (BOS),” tutur dia.

 

Aminudin menyebut perawatan bahasa daerah juga dilakukan melalui penyertaan ke Kamus Besar Bahasa Indonesia. Sejauh ini, ada 113 bahasa daerah di KBBI.

 

"Bahasa daerah juga pada dasarnya bisa diusulkan untuk masuk ke KBBI sepanjang banyak dituturkan," ujar dia. (sumber: medcom/ilustrasi: rencongpost)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad