Hari Guru Sedunia: Transformasi Pendidikan Dimulai dari Guru - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Selasa, 04 Oktober 2022

Hari Guru Sedunia: Transformasi Pendidikan Dimulai dari Guru


Jakarta, Anetry.Net
– Jasa besar seorang guru, diperingati tiap tahunnya di seluruh dunia. Hari Guru Sedunia yang diperingati tiap 5 Oktober.

 

Perayaan terhadap dedikasi guru ini diperingati pertama kali pada 1994. Tujuan peringatan Hari Guru Sedunia ialah untuk memberikan dukungan kepada guru-guru di seluruh dunia. Dukungan ini dicanangkan untuk memberi keyakinan bahwa generasi masa depan kehidupannya ditentukan oleh guru.

 

United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) menyatakan peringatan Hari Guru Sedunia merupakan wujud rasa peduli, pemahaman, dan apresiasi untuk guru yang mengajar dan mendidik membangun generasi.

 

Penetapan Hari Guru sedunia ini berdasarkan penandatanganan dokumen UNESCO terkait status guru di dunia. Dalam dokumen yang ditandatangani dijelaskan standar perekrutan, pelatihan guru di dunia, dan kondisi pekerjaan guru bisa diadvokasi.

 

Hari Guru Sedunia juga menjadi tolok ukur terkait hak, tanggung jawab, rekrutmen, dan kegiatan belajar mengajar.  Biasanya, di beberapa negara, peringatan Hari Guru Sedunia dilakukan dengan memberikan hadiah sederhana, seperti bunga atau coklat, oleh siswa. Hal ini menunjukkan ungkapan terima kasih dari siswa kepada guru yang sudah mengajarnya.

 

Namun, peringatan Hari Guru Sedunia pada 5 Oktober tidak bersamaan dengan peringatan Hari Guru Nasional di beberapa negara. Misalnya, di Indonesia yang memperingati Hari Guru Nasional bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia pada 25 November.

 

Adapun tema Hari Guru Sedunia 2022 yang dicananagkan UNESCO ialah “The transformation of education begins with teachers”. (sumber: medcom)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad