Di Acara IMGZ 2022, Nadiem Paparkan Capaian Kemajuan Program Kementerian - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Sabtu, 01 Oktober 2022

Di Acara IMGZ 2022, Nadiem Paparkan Capaian Kemajuan Program Kementerian


Jakarta
, Anetry.Net
“Sistem pendidikan kita harus beradaptasi dengan segala perubahan yang telah, sedang, dan akan terjadi. Jika tidak, kita akan semakin tertinggal.

 

Hal itu diungkapkan Mendikbudristek Nadiem Makarim dalam acara Indonesia Millenial and Gen-Z Summit 2022 (IMGS 2022) yang digelar IDN Times di Jakarta, Jumat (30/9).

 

Saat ini, sambungnya, pembelajaran yang dibutuhkan generasi muda adalah dengan memerdekakan pelajar yang mendukung potensi, kreativitas, dan kemampuan berpikir kritis. Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan transformasi pendidikan Indonesia dengan gerakan Merdeka Belajar.

 

Lebih lanjut kata Nadiem, beberapa program Merdeka Belajar yang telah diluncurkan Kemdikbudristek, di antaranya Kurikulum Merdeka yang mengutamakan pembelajaran berbasis projek.

 

Kemudian, Asesmen Nasional yang berorientasi dalam mengukur kemampuan bernalar dan logika. Serta Kampus Merdeka yang memberikan keleluasaan bagi mahasiswa untuk meningkatkan kompetensi sesuai minat dan bakatnya pada jenjang pendidikan tinggi.

 

Selain itu, Kemendikbudristek juga telah meluncurkan platform yang dirancang khusus untuk para guru yang bernama Platform Merdeka Mengajar.

 

Semua transformasi di sektor Pendidikan yang didorong Kemdikbudristek tersebut, perlu didukung dengan pemanfaatan teknologi digital. Karena teknologi saat ini bukanlah suatu pilihan, tetapi merupakan kewajiban.

 

Nadiem juga menyampaikan, hadirnya platform-platform digital yang mudah untuk digunakan dan dirancang sesuai dengan kebutuhan guru, murid, dan mahasiswa mendorong pemerataan kualitas pendidikan yang juga menjadi salah satu tujuan utama dari gerakan Merdeka Belajar. (SP)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad