Tim Pengembang Kurikulum Dilatih, Puskurjar Targetkan Perbaikan - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Kamis, 15 September 2022

Tim Pengembang Kurikulum Dilatih, Puskurjar Targetkan Perbaikan


Depok,
Anetry.Net
Pusat Kurikulum dan Pembelajaran (Puskurjar) menyelenggarakan pelatihan kompetensi teknis pengembangan kurikulum.

 

Dalam kesempatan itu, pelaksana tugas (Plt.) Kepala Puskurjar Kemdikbudristek, Zulfikri menyampaikan pelatihan ini dilakukan sebagai fasilitasi dalam berkolaborasi dengan Tim Pengembang Kurikulum (TPK) dari setiap provinsi di Indonesia.

 

“Mudah-mudahan dengan pelatihan ini dapat dijadikan silaturahmi sehingga kolaborasi antara pusat dan daerah bisa semakin lancar, kolaborasi terkait pengembangan kurikulum juga semakin lancar dan kuat,” ujar Zulfikri.

 

Lebih lanjut disampaikan Zulfikri, Puskurjar berencana akan membuat media komunikasi yang di dalamnya berisi jurnal-jurnal tentang pengembangan kurikulum.

 

“Ini bisa jadi media komunikasi bagi kita. Jadi segala ide dan pemikiran terkait pengembangan kurikulum yang tumbuh di masing-masing daerah bisa dikomunikasikan di sini,” imbuh Zulfikri.

 

Pembekalan dan pelatihan yang diberikan kepada TPK diharapkan dapat menyiapkan kurikulum pembelajaran yang adaptif dengan perkembangan zaman, sehingga anak-anak siap menghadapi masalah di masa depan.

 

“Semoga pelatihan ini menjadi titik awal kita untuk melakukan perbaikan-perbaikan kurikulum ke depan,” harap Zulfikri.

 

Pelatihan Kompetensi Teknis Pengembangan Kurikulum dilakukan selama empat hari, mulai tanggal 13 – 16 September 2022. Peserta yang terlibat adalah pejabat fungsional pengembang kurikulum Puskurjar Kemendikbudristek dan ketua TPK dari 34 provinsi di Indonesia. Pelatihan dilakukan secara tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan.

 

Materi pelatihan diberikan melalui ceramah dan diskusi, dengan tujuh tema yaitu kebijakan kurikulum; visi kurikulum (landasan, filosofi, model kurikulum); komponen kurikulum (pengembangan terkait tujuan, isi/materi, pengalaman belajar, dan penilaian); implementasi kurikulum; evaluasi kurikulum; isu-isu dan inovasi kurikulum; dan pemetaan kompetensi awal dan akhir. (SP)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad