Sejarah Artificial Intelligence yang Harus Anda Ketahui - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Kamis, 08 September 2022

Sejarah Artificial Intelligence yang Harus Anda Ketahui


Pekalongan, Anetry.Net
Istilah Artificial Intelligence (kecerdasan buatan), pertama kali muncul pada tahun 1956 oleh ilmuwan komputer John McCarthy, yang menemukan bahasa pemrograman Lisp. 

 

Pada dekade yang sama, Alan Turing memperkenalkan Tes Turing yang dikenal sebagai Imitation Game (permainan imitasi).

 

Tes ini menguji kemampuan mesin untuk melakukan tindakan yang cocok atau tidak dapat dibedakan dari tindakan manusia.  Pada 1990-an, kecerdasan buatan menjadi populer karena diterapkan dalam ilmu komputer dan psikologi.

 

Pada tahun 1997, kecerdasan buatan dimasukkan ke dalam permainan catur komputer Deep Blue, dan berhasil mengalahkan juara catur dunia saat itu, Gary Kasparov, dari Rusia.  Saat ini, kecerdasan buatan dipakai oleh perusahaan otomotif seperti Tesla, yang berhasil membuat kendaraan dengan sistem autopilot atau berjalan sendiri tanpa perlu disetir.

 

Tak hanya itu, hampir seluruh kehidupan manusia di abad ke-21 ini sudah melibatkan kecerdasan buatan. Contohnya Asisten Virtual. AI berada di dalam perangkat lunak (software) dan fitur-fitur lain yang ada dalam gawai (gadget) yang anda gunakan setiap hari.

 

Walaupun AI “cerdas”, bukan berarti ia bisa beroperasi dengan sendirinya, AI tetap butuh campur tangan manusia untuk mengaktifkan fiturnya. 

 

Contohnya adalah asisten virtual dalam ponsel Apple iPhone yang disebut Siri, atau dalam ponsel Samsung disebut Bixby, dan dalam ponsel Google disebut Ok Google. 

 

Salah satu manfaat artificial intelligence yang paling besar adalah efisiensi waktu. Karena sudah diprogram, AI bisa langsung melaksanakan program tersebut secara cepat dan real time. 

 

Selain itu, AI juga terus beradaptasi dengan input baru sehingga dapat menyesuaikan dengan kebutuhan manusia. Nah, dengan begitu, selain mengetahui AI, kita juga bisa dapatkan kemudahan bila menggunakannya. (sumber: medcom/Ilustrasi: net)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad