Perpusnas Luncurkan Aplikasi Digital hingga 3 Juta Pembuat Konten - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Senin, 19 September 2022

Perpusnas Luncurkan Aplikasi Digital hingga 3 Juta Pembuat Konten


Jakarta
, Anetry.Net
Perpustakaan Nasional (Perpusnas) melakukan transformasi perpustakaan menuju ekosistem digital nasional.

 

Dalam transformasi ini, Perpusnas meluncurkan sejumlah aplikasi digital populer, seperti Indonesia One Search (IOS) hingga Ipusnas serta melahirkan tiga juta pembuat konten..

 

“Tahun ini tagline Perpustakaan Nasional adalah transformasi perpustakaan menuju ekosistem digital nasional. Target kami tiga juta konten kreator, yang kami himpun dari semua konten-konten kreator yang ada dari semua subjek pengetahuan,” ujar Kepala Perpusnas, Muhammad Syarif Bando, Rabu (14/9) lalu.

 

Pihaknya juga akan membahas konektivitas antara Perpusnas dengan teknologi penyimpanan data. Sehingga bisa terhubung dengan perpustakaan-perpustakaan besar di dunia.

 

Untuk mendukung hal itu, maka Perpusnas perlu melakukan perubahan paradigma perpustakaan, dari yang hanya penyedia koleksi buku menjadi transfer pengetahuan. “Tugas yang paling mendesak saat ini adalah melakukan transfer pengetahuan,” kata Syarif.

 

Ia juga mengatakan, ukuran keberhasilan pemerintah pada semua level perpustakaan yang dibangun ialah ketika terjadi kemajuan. Terutama dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang paling rendah.

 

Syarif mengatakan, yang harus dilakukan adalah mengubah cara berpikir. Salah satunya dengan memanfaatkan kemajuan teknologi digital. Manusia Indonesia kini dipaksa hidup dengan kemajuan teknologi yang sangat cepat.

 

“Dengan luas wilayah yang dimiliki, termasuk potensi alam dan sumber daya masyarakat, yang dibutuhkan Indonesia saat ini adalah teknologi untuk percepatan. Kita bisa menjadi pengendali teknologi. Teknologi tentu akan membawa kebaikan, terlepas dari segi bisnisnya. Dari segi bisnis ini menjadi peluang untuk menguasai kita,” katanya. (sumber: joglojateng)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad