Mengapa Gerakan Literasi Sekolah Lenyap Ditelan Waktu? Ini Penyebabnya - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Senin, 26 September 2022

Mengapa Gerakan Literasi Sekolah Lenyap Ditelan Waktu? Ini Penyebabnya


Jakarta
, Anetry.Net
– Gerakan literasi sekolah (GLS) sebagai bagian dari Gerakan Literasi Nasional (GLN), tidak pernah mencapai titik puncaknya.

 

“Ibarat kuncup bunga, GLS seakan tidak pernah mekar dan semerbak mewangi di seantero negeri ini. Ini PR yang tak pernah selesai dikerjakan oleh para pelaku pendidikan,” demikian ujar Nova Indra, CEO Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (P3SDM) Melati, kepada media Anetry.Net, Senin (26/9).

 

Menurutnya, GLS sebagai program nasional, tidak pernah mendapat tempat di hati pelaku pendidikan. “Sesuatu yang tidak disukai, pasti tidak akan dilakukan oleh setiap orang. Lagian tidak ada tekanan yang memberi ruang lebih lega pada program ini. Jadi mubazir saja,” tegasnya.

 

Lebih jauh pria yang juga penulis dan pengelola media pemberitaan seputar pendidikan itu mengatakan, sebenarnya urusan pengembangan keterampilan siswa abad 21 yang di dalamnya berisikan muatan literasi dasar itu, tidak akan dapat menjadi tumpuan harapan.

 

“Bagaimana kita berharap pada sesuatu yang tidak dilirik oleh guru. Mungkin lebih berharga ‘selfie’ dibanding GLS bagi banyak pelaku pendidikan,” paparnya.

 

Menurut Nova, seharusnya program-program pemerintah yang bertujuan baik untuk mendulang kualitas, harus diterima dengan tangan terbuka oleh pelaku pendidikan. “Bukan malah mengenyampingkan program-program nasional yang tujuannya untuk pengembangn kualitas generasi bangsa,” ujarnya.

 

Untuk itu, sambungnya, perlu gerakan yang lebih masif di kalangan dunia pendidikan. “Bukan menggalakkan literasi saja, tapi lebih penting menggalakkan guru untuk membuka pikiran dan hatinya agar menerima pembaruan dalam dunia pendidikan,” pungkas Nova. (*)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad