Konser Tribute to Supanggah, Ingatkan Pelestarian Tradisi Nusantara - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Minggu, 18 September 2022

Konser Tribute to Supanggah, Ingatkan Pelestarian Tradisi Nusantara


Solo, Anetry.Net
– Penyerahan sertifikat Gamelan sebagai Warisan Budaya Tak Benda kepada masyarakat di Solo, Jawa Tengah dimeriahkan dengan penampilan tradisi gamelan.

 

Penampilan Gamelan Kinarya Budaya, Konser Tribute to Rahayu Supanggah, dan Konser Paramagangsa Silang Gaya Nusantara, memukau masyarakat yang turut hadir pada kegiatan tersebut.

 

Khusus pada persembahan konser Tribute to Rahayu Supanggah atau dalam falsafah Jawa disebut dengan istilah kurmat, adalah bentuk gelaran karya-karya dari Rahayu Supanggah.

 

Karya ini digelar kembali sebagai wujud penghormatan kepada almarhum Rahayu Supanggah atas jasanya memopulerkan gamelan dan telah melahirkan karya-karya baru dalam kekaryaan gamelan Indonesia di kancah internasional.

 

Diketahui, Rahayu Supanggah telah bekerja sama dengan berbagai seniman di dunia dalam beberapa karya, seperti Mahabarata karya Peter Brooke, King Lear di tahun 1997, I La Galigo karya Robert Wilson di tahun 2003, dan beliau juga menyusun Purnati yang dimainkan oleh Kronos Quartet.

 

Duetnya dengan Garin Nugroho telah melahirkan Opera Jawa di tahun 2006 dan Setan Jawa di tahun 2016 yang bekerja sama dengan kelompok orkestra beberapa negara, seperti Melbourne Symphony Orchestra, Metropolitan Festival Orchestra, Singapore Symphony Orchestra, Netherlands Symphony Orchestra di tahun 2017, Rundfunk Symphony Orchestra Berlin di tahun 2019.

 

Hingga akhir hayatnya, Rahayu Supanggah berhasil mewujudkan dan mewariskan dua impian besarnya yaitu "International Gamelan Festival" dan gamelan sebagai representative "List Entangibel Cultural Heritage" UNESCO.

 

Karya-karya Rahayu Supanggah yang disaksikan malam penyerahan sertifikat meliputi, Kebo Giro Dhayohe Teka, Rikma, Tikbrasara, Amartya, Duet, Kartini, Tutur-Tinutur, Eskargo, Ja Dirasakna, dan Lintang Rembulan. (SP)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad