Kerjasama dengan Meta, Kominfo Luncurkan Akademi Pembelajaran Virtual - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Senin, 05 September 2022

Kerjasama dengan Meta, Kominfo Luncurkan Akademi Pembelajaran Virtual


Bali, Anetry.Net
Kementerian Kominfo berkolaborasi dengan Meta sediakan Akademi Pembelajaran Virtual.

 

Akademi Pembelajaran Virtual tersebut dilakukan melalui pemanfaatan teknologi realitas tertambang atau augmented reality (AR) dan realitas virtual atau virtual reality (VR).

 

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Semuel A. Pangerapan berharap, lewat program pelatihan itu, upaya membangun ekosistem talenta digital di Indonesia akan berlangsung lebih optimal.

 

“Pastinya banyak sekali yang bisa kita kolaborasikan. Kita mendukung program ini karena akan membangun ekosistem terutama bagaimana meningkatkan kecakapan digital masyarakat,” ujarnya di Bali, Sabtu (3/9).

 

Menurut Semuel, pembelajaran virtual itu membuka gerbang ke teknologi metaverse. Katanya, akan bisa dimasukkan ke dalam Program Digital Talent Scholarship (DTS) Kementerian Kominfo.

 

“Para kreator dari berbagai latar belakang bisa mengikuti pelatihan Meta Immersive Learning Academy (MILA) ini. Kan kita sekarang kebayang ya, kalau pergi kemana-mana selalu cari yang instagramable. Dengan adanya teknologi virtual reality, kita berdiri di suatu tempat itu bisa langsung muncul semua visualisasinya. Kita bisa buat video, bisa buat picture, ini kan hal yang menarik. Produknya kita scan, dan kita lihat programnya bisa bercerita,” jelasnya.

 

Sementara itu Manajer Kebijakan Publik Meta di Indonesia Noudhy Valdryno menyatakan, Akademi Pembelajaran Virtual ditujukan untuk menyiapkan talenta digital Indonesia agar mengisi pasar metaverse di masa depan.

 

"Kami percaya di era metaverse nanti, kita membutuhkan lebih banyak lagi kreator-kreator untuk bisa memajukan dan memposisikan Indonesia dan kita bukan hanya jadi pasar tapi juga menjadi player (pemain). Kita bisa menjadi pemeran penting," ucapnya.

 

Menurut Noudhy, dengan mengikuti akademi tersebut content creator bisa memiliki kemampuan baru dan menjadi bagian dari digitalisasi di masa depan.

 

"Kami berikan pelatihan secara daring selama 12 jam, peserta akan mendapat sertifikasi serta validasi atas kemampuan mereka. Sedangkan untuk kurikulum pembelajaran Akademi Pembelajaran Virtual di Indonesia, Meta menggandeng Hacktiv8 yang merupakan lembaga pendidikan berfokus pada teknologi," jelasnya. (SP)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad