Kehadiran Rapor Pendidikan Bantu Disdik Benahi Satuan Pendidikan - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Selasa, 20 September 2022

Kehadiran Rapor Pendidikan Bantu Disdik Benahi Satuan Pendidikan


Jakarta, Anetry.Net
– Menurut Kemdukbudristek, hadirnya Rapor Pendidikan dapat dimanfaatkan untuk membenahi sekolah dari berbagai sisi.

 

"Bagi Bapak Ibu di Dinas Pendidikan, Rapor Pendidikan akan mempercepat melihat sekolah-sekolah mana yang perlu dibantu," kata Kepala Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kemdikbudristek, Anindito Aditomo.

 

Anindito menyampaikan hal itu dalam Sosialisasi Rapor Pendidikan dengan Fitur Otomasi PBD untuk Perencanaan BOS dan BOP 2023 di siaran YouTube Ditjen PAUD Dikdasmen, Senin, (19/9).

 

Dia menyebut salah satu perbaikan ialah mengenai kemampuan litrasi numerasi siswa. Rapor Pendidikan memberikan gambaran terkait literasi dan numerasi di satuan pendidikan.

 

"Sekolah mana yang gambaran literasi numerasinya pada zona merah, kemampuan literasi dan numerasinya jauh dari memadai atau standar kompetensi minimum," kata Anindito.

 

Selain itu, Rapor Pendidikan juga dapat mendeteksi sekolah rawan perundungan. Hal ini dapat dijadikan Disdik sebagai modal intervensi penyelesaian masalah.

 

"Sekolah mana saja yang rawan bullying, yang rawan masalah terkait narkoba dan seterusnya," jelas dia.

 

Kemdikbudristek, kata dia, sengaja memberikan akses pendidikan tersebut kepada Disdik. Hal itu agar Disdik dapat mengidentifikasi masalah-masalah satuan pendidikan di wilayahnya.

 

"Cukup dengan beberapa klik saja, Bapak Ibu di Disdik bisa mengidentifikasi dan membuat perencanaan program yang sifatnya afirmatif untuk membantu sekolah tersebut menghadapi masalah," tutur Nino. (sumber: medcom)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad