Kegiatan Membaca dan Literasi Merupakan Paket Pendidikan Berkualitas - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Selasa, 20 September 2022

Kegiatan Membaca dan Literasi Merupakan Paket Pendidikan Berkualitas


Jakarta, Anetry.Net
Ketua Umum Perkumpulan Literasi Indoneisa, Wien Muldian, mengatakan literasi menjadi hal penting dalam pembentukan pendidikan yang lebih berkualitas dan memperoleh kecakapan hidup.

 

Selain mampu membuat seseorang lebih berpikir kritis terhadap infomasi dan pengetahuan yang diterima, literasi juga dapat memberikan kemudahan dalam menyampaikan pendapat dengan bekal pengetahuan dari buku yang dibaca.

 

“Selama ini orang enggak ngeh, mereka membaca lebih ke untuk mencari informasi dan mencari hiburan. Padahal, dengan membaca itu bisa membandingkan informasi satu dengan informasi yang lainnya, pengetahuan satu dan pengetahuan lainnya. Akhirnya dia punya kecakapan memilih mana pengetahuan yang penting buat dia,” kata Wien saat diwawancari Antaranews, Jumat pekan lalu.

 

Wien juga menambahkan, dengan literasi orang akan memiliki kemampuan dalam menyelasaikan masalah, bekerja dalam tim, mengevaluasi diri sendiri, serta akan lebih adaptif dan pandai memanfaatkan teknologi di kehidupannya.

 

Vera Itabiliana Hadiwidjojo, Psikolog dari Universitas Indonesia juga sependapat dengan Wien. Dia menyatakan, dengan memperbanyak literasi lewat membaca juga bisa membuat otak lebih aktif, jadi proses pembejaran akan lebih mudah.

 

“Kita seolah membuat theatre of mind di dalam pikiran kita membayangkan apa yang kita baca dan mengaitkannya dengan apa yang sudah kita ketahui. Jadi, lebih banyak sel otak yang bekerja saat membaca daripada anak hanya menonton saja.” Kata Vera.

 

Dalam peningkatan keterampilan literasi, pemerintah sudah merancang untuk pembiasaan membaca 15 menit sebelum kegiatan mengajar dimulai. Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No. 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti.

 

Tetapi, harus ada beberapa hal diperhatikan, menurut Wien diperlukan peningkatan dalam kesadaran dan pemahaman tentang literasi tidak hanya sebatas membaca. Dan juga akses pada sumber bacaan berkualitas dan peningkatan layanan perpustakaan. (sumber: liputan6.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad