Ini Trik Menulis dari Owner Anetry.Net - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Kamis, 01 September 2022

Ini Trik Menulis dari Owner Anetry.Net


Pekalongan, Anetry.Net – Menulis, bukanlah aktivitas yang berat walaupun di sisi lain bukan sesuatu yang bisa dianggap remeh.

 

Tidak semua orang mampu menyusun kalimat sesuai alur pikiran dan idenya di saat bersamaan. Bahkan, struktur ide yang ada dalam pikiran begitu rapi, namun saat memulai aktivitas menuangkannya ke dalam tulisan, kendala muncul dan terhenti begitu saja.

 

Mengapa demikian? Di sinilah persoalan menulis bukan sesuatu yang mudah dan remeh. Butuh pemahaman dasar dalam mencermati aktivitas literasi yang satu ini.

 

Dalam diskusi kepenulisan bersama Nurtrianik, guru sekaligus penulis ini, Kamis (1/9) di Pekalongan, diperoleh kesimpulan bahwa literasi menulis butuh beberapa keterampilan dasar.

 

Keterampilan dasar untuk memulai aktivitas menulis, sebut penulis buku-buku pendidikan itu, pertama adalah menguasai atau memahami tata bahasa yang baik.

 

“Butuh pemahaman tata bahasa sesuai PUEBI. Ini sangat ditekankan kepada penulis yang ingin menghasilkan karya tulis dengan kualitas baik,” sebutnya.

 

Pemahaman tata bahasa, lanjutnya, adalah modal dasar seorang penulis agar dapat memilih kata atau diksi dengan tepat. “Semua itu ditujukan agar penulis tidak kehilangan kosa kata dalam menuangkan ide brilliannya,” sambung Nurtrianik.

 

Kedua, seorang penulis harus mendalami hal-hal seputar materi tulisan yang ingin dihasilkan. “Misalnya seorang guru menulis laporan penelitian tindakan, materi utama terkait penelitian itu dipastikan seputar metode atau media pembelajaran yang digunakan. Ini benar-benar harus dikuasai,” paparnya.

 

Ketiga, sebut sosok yang juga pengelola jurnal ilmiah tingkat nasional itu, modal dasar yang paling berpengaruh adalah passion.


“Seorang penulis, pastinya memiliki keinginan dan harapan tentang keberhasilannya menyelesaikan karya tulis. Ini harus dipupuk hingga karya tulis tersebut benar-benar selesai dan dapat dinikmati pembaca,” tegas Nurtrianik.

 

Ketiga poin di atas, katanya lagi, adalah awal dari sebuah proses yang akan dilalui para penulis dalam menghasilkan karya tulis.

 

“Tentu selanjutnya para penulis akan terus merasakan betapa aktivitas menulis adalah sesuatu yang menyenangkan. Karena dengan menulis, kita bebas mengemukakan opini dan pandangan sendiri. Tapi harus diingat, jaga norma budaya yang ada sebagai orang Timur,” pungkasnya. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad