Ini Hasil Prediksi Ilmuwan tentang Sisa Umur Matahari - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Rabu, 14 September 2022

Ini Hasil Prediksi Ilmuwan tentang Sisa Umur Matahari


Pekalongan, Anetry.Net
Ilmuwan menyebut, bintang utama di Tata Surya kita ini, sekarang berusia sekitar 4570 juta tahun dan komposisinya stabil.

 

Dan berkat basis data yang berisi sifat-sifat intrinsik ratusan ribu bintang, menjadi hal yang sangat mungkin bagi para ilmuwan untuk memprediksi akhir hidup Matahari.

 

Disebutkan,  Matahari berisi file konfigurasi yang cukup stabil dan penggabungan hidrogen menjadi helium. Namun, karena bahan bakar hidrogen di intinya habis, perubahan dalam proses fusi akan dimulai dan suhu permukaannya akan turun. Suhu permukaan Matahari adalah sekitar 6000K.

 

Tim Orlag Crevi, dari Observatorium Côte d'Azur di Prancis menganalisis semua data Gaia European Space Agency untuk mendapatkan sampel bintang yang benar-benar murni dengan pengukuran resolusi tinggi.

 

Dengan menganalisis semua data yang tersedia dan menggambar diagram Hertzsprung-Russell (HR), mereka menentukan bagaimana suhu dan kilau Matahari akan bervariasi saat Matahari makin dewasa.

 

Gaia European Space Agency (ESA), adalah sebuah misi penelitian yang memonitor kecerahan dan warna bintang yang terlihat dari Bumi.

 

Akhirnya, mereka dapat menentukan bahwa Matahari akan mencapai masa tua atau akhir kehidupannya. Di saat itu, Matahari kemudian mendingin dan bertambah besar. Berikutnya, ia menjadi bintang raksasa merah antara 10-11.000 juta tahun. Setelah itu, ia akan mencapai akhir hidupnya, menjadi bintang kerdil (katai) putih yang samar.

 

Ilmuwan mengatakan, untuk saat ini tak perlu khawatir, karena bintang kita masih berumur sekitar 11.000 juta tahun lagi. (sumber: detik/Foto: ESA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad